Proses Pengambilan PIN PPDB Sempat Molor 30 Menit

ADAKITANEWS, Tulungagung – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK tahun ajaran 2018/2019 mulai hari ini, Jumat (25/05) sudah melayani pengambilan PIN, untuk keperluan pendaftaran sistem online.

Terpantau pada awal layanan pengambilan PIN, sejumlah sekolah SMA dan SMK di Kabupaten Tulungagung sempat mengalami kendala. Hal itu mengakibatkan proses pengambilan PIN, molor selama 30 menit.

Salah seorang panitia di SMKN 1 Boyolangu, Junaedi menjelaskan, molornya proses pengambilan PIN PPDB itu dikarenakan server sedang melakukan sinkronisasi data. Data yang disinkronkan tersebut diantaranya nilai siswa SMP yang mengambil PIN secara bersamaan sehingga server sempat terhenti selama sekitar 30 menit yang mengakibatkan molor dari waktu yang dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB.

“Sempat terhenti sekitar 30 menit karena server pusat melakukan sinkronisasi data. Ini serempak untuk SMA maupun SMK juga berhenti,” kata panitia PPDB SMKN 1 Boyolangu, Junaedi.

Namun secara umum Junaedi menyatakan sejauh ini tidak ada kendala dalam proses pengambilan PIN. Semua berjalan lancar sehingga bisa terlayani dengan baik.

Lanjut Junaedi, setelah siswa melakukan pengambilan PIN, mulai Sabtu (26/05) hingga Jumat (08/06) siswa dapat melakukan simulasi pendaftaran. PIN ini berfungsi sebagai password dalam pendaftaran di SMA/SMK yang dikehendaki siswa. Adapun syarat pengambilan PIN yakni meliputi kartu peserta ujian nasional SMP serta kartu keluarga (KK) asli.

Untuk pendaftaran, jelas Junaedi, bisa dilakukan di rumah atau di sekolah yang dituju, dengan syarat siswa harus memiliki PIN terlebih dahulu.

“Untuk kelancaran dalam mendaftar, disarankan siswa menggunakan laptop atau komputer, sebaiknya jangan menggunakan handphone untuk proses pendaftaran,” pungkas Junaedi.(bac)

Keterangan gambar : Calon pendaftar yang menunggu untuk mendapatkan PIN untuk PPDB.(ist)

Related posts

Leave a Comment