Polresta Sidoarjo Siapkan Rekayasa Lalin Jelang Peringatan HSN

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Polresta Sidoarjo berencana akan melakukan rekayasa arus lalulintas, khususnya bagi kendaraan yang melintasi kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kemacetan di dalam Kota Sidoarjo, saat peringatan Hari Santri Nasioanal (HSN) 2018 se-Jawa Timur berlangsung di lokasi tersebut, Minggu (28/10) nanti.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dhyno Indra Setyadi mengatakan, saat puncak acara peringatan HSN nanti, diprediksi wilayah Kota Sidoarjo akan dipenuhi para jemaah. Tak hanya itu, kendaraan-kendaraan yang dibawa para jemaah baik dair dalam maupun luar Sidoarjo, juga diperkirakan akan memadati sekitar GOR Sidoarjo.

“Kita akan berlakukan rekayasa lalin dengan menutup beberapa akses jalan menuju Kota Sidoarjo, mulai Minggu (28/10) pukul 02.00 WIB dini hari,” terang Kompol Dhyno usai gelar apel pengamanan, Jumat (26/10).

Rekayasa lalu lintas tersebut salah satunya yakni dengan melakukan penutupan jalan di kawasan Buduran. Kendaraan dari arah Surabaya menuju Sidoarjo, yang hendak melewati Jalan Raya Buduran, nantinya akan dialihkan. Mulai dari lampu merah Maspion II, kendaraan bakal diarahkan ke arah timur dan dilewatkan jalur alternatif jalan lingkar timur, dan akan keluar ke Kecamatan Candi.

“Sebaliknya dari arah Pasuruan atau Malang dan hendak ke arah Kota Sidoarjo maupun Surabaya, akan dialihkan ke jalur alternatif jalan lingkar timur, dan nanti keluar ke kawasan Maspion II Buduran,” papar Kompol Dhyno.

Sementara itu untuk kendaraan dari Surabaya yang melewati tol dan hendak keluar di pintu exit tol Sidoarjo, nantinya juga akan dialihkan untuk keluar di exit Tol Porong.

“Selama pengalihan arus tersebut, kita akan melakukan penjagaan di setiap jalur yang dilakukan rekayasa. Sterilisasi jalur menuju Stadion GOR Sidoarjo tersebut hanya berlaku untuk para jemaah Istighosah kubro dari luar kota yang sudah mendapat pengawalan dari kepolisian daerah masing-masing,” tuturnya.

Dijelaskan Kompol Dhyno, Polresta Sidoarjo juga telah menyiapkan 4 titik kantong parkir kendaraan para jemaah. Diantaranya parkir zona 1 berlokasi di Jalan Ponti sebelah jembatan Perum Pondok Jati, Perum Taman Pinang, dan Gading Fajar. Zona 1 tersebut, adalah untuk jemaah dari PCNU Lumajang, Jember, Banyuwangi, Kencong, Bangil, Sidoarjo, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan dan Probolinggo.

Ada juga parkir zona 2, berlokasi di Puri Indah dan Perum Pondok Mutiara, yang akan ditempati jemaah PCNU Kediri, Ngawi, Tulungagung, Ponorogo, Magetan, Madiun, Malang, Batu dan Pacitan. Sedangkan untuk parkir zona 3, berada di Perum Kahuripan Nirwana, Jalan Cemengkalang dan Jalan Suko Sumput, diperuntukan untuk PCNU Bojonegoro, Lamongan, Jombang, Mojokerto, Tuban, Trenggalek, Blitar dan Nganjuk.

“Dan untuk PCNU dari Gresik, Surabaya, Bawean dan PCNU dari beberapa kabupaten di Madura, akan dsiapkan pada parkir zona 4 yakni di Perum Anggrek Mas, Perum Taman Tiara depan Prasmanan Indra dan Lapangan Tembak Pagerwojo,” ulas orang nomor satu di jajaran Satlantas Polresta Sidoarjo itu.

Dari setiap zona parkir tersebut, Polresta Sidoarjo juga akan menugaskan beberapa petugas untuk melakukan pengaturan dan pengamanan selama acara berlangsung.(sid3)

Keterangan gambar : Denah rekayasa lalin saat peringatan HSN 2018 di Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment