Polres Blitar Sita 4 Ekor Merak Hijau

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak empat ekor merak hijau diamankan petugas Polres Blitar dari Rest Area Gunung Betet di Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Sabtu (23/06). Pemilik 4 ekor merak tersebut, Agus Budi Sulistyo, 43, merupakan karyawan Perhutani Blitar, warga Lingkungan Kembangarum RT 1/RW 2 Kelurahan Kembangarum Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha menjelaskan, penyitaan 4 ekor merak tersebut berawal saat petugas Polres Blitar sedang melakukan patroli di wilayah rest area Gunung Betet, dan menemukan tempat penangkaran hewan berupa 4 ekor merak di lokasi tersebut. Setelah menanyakan terkait perizinannya, ternyata pemiliknya tidak bisa menunjukkannya.

“Tentunya karena tidak bisa menunjukkan bukti perizinannya, 4 merak tersebut kami sita,” kata Kapolres, Selasa (26/06).

Lebih lanjut AKBP Anisullah menuturkan, untuk 4 ekor merak tersebut selanjutnya diserahkan kepada BKSDA Kediri sebagai upaya penyelamatan. Dan kedepan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kepada pemeliharanya, sehingga bisa memperoleh informasi asal merak tersebut didapatkan.

“Pelaku tidak kami tahan. Tetapi kita akan melakukan pemeriksaan untuk bisa menentukan apakah dalam kasus ini terdapat tindak pidana atau tidak,” pungkasnya.

Dalam kasus ini, pelaku dapat dikenakan Pasal 40 ayat 2 Jo Pasal 21 ayat 2 huruf a Undang-undang Republik Indonesia Nomor 05 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Atas upaya pengamanan 4 ekor merak hijau tersebut, Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Kediri, Dadang Sugianto mengucapkan terima kasih kepada Polres Blitar, karena membantu menyelamatkan salah satu satwa yang dilindungi. Untuk selanjutnya pihaknya akan menitipkan 4 ekor merak tersebut ke lembaga konservasi yang telah ditunjuk BKSDA pusat. “Jadi nanti disana kan ada tenaga medis dan juga makanan yang sesuai. Sehingga bisa dipastikan keselamatannya,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha saat menunjukkan merak hijau bersama pihak BKSDA Kediri.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment