Pj Bupati: Ada 12 Ribu Angka Pengangguran Di Tulungagung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Setiap tahun, kelulusan tingkat SMA memunculkan masalah baru yakni angka pengangguran yang akan semakin bertambah. Tahun ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung memperkirakan dari 23 SMK yang ada di Tulungagung dipredisksi akan ada 5.800 lulusan. Dari jumlah tersebut hanya sebagian kecil saja yang terserap lapangan kerja.

Menurut Pj Bupati Tulungagung, Jarianto, angka pengangguran di Tulungagung jumlahnya mencapai 12 ribu jiwa. Sedangkan angka angkatan kerja di Tulungagung, sebanyak 500 ribu jiwa. “Data tahun 2017 jumlah pengangguran kita ada di angka 12 ribuan. Dilihat dari jumlah tersebut memang banyak. Namun kita masih ada di peringkat 6 besar jumlah pengangguran terendah di Jawa Timur,” kata Jarianto usai membuka Job Market Fair yang digelar oleh Disnakertrans Kabupaten Tulungagung, Senin (07/05).

Karena itu, Jarianto mengapresiasi upaya Disnakertrans yang telah menyelenggarakan Job Market Fair. Dengan kegiatan ini, setidaknya akan mengurangi jumlah penganguran. “Prosentase kita 2,27 persen jumlah penganggurannya itu masuk 6 besar se-Provinsi Jawa Timur. Kita masih lebih bagus jika dibandingkan dengan daerah lainnya,” katanya.

Lanjut Jarianto, pemerintah tetap memiliki kewajiban untuk menekan angka tersebut agar tidak terus mengalami kenaikan. Karena setiap tahunnya, rata rata jumlah lulusan SMA dan SMK yang siap menjadi pencari kerja, lebih dari 5 ribu bahkan 6 ribu jiwa.

Sementata itu, Kepala Disnakertrans Tulungagung, Yumar menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk mengurangi angka pengangguran tersebut. Selain menyelenggarakan Job Market Fair, upaya lainnya ialah memaksimalkan fungsi Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kita sudah rutin memaksimalkan mobil info lowongan kerja yang keliling dari kantor kecamatan,” ujar Kepala Disnakertrans, Yumar.

Mobil info kerja tersebut, lanjutnya, secara periodik akan memberikan informasi lowongan pekerjaan dengan skala lokal, nasional hingga mancanegara kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses lowongan pekerjaan.

Sekadar diketahui, Job Market Fair yang digelar oleh Disnakertans hari itu menghadirkan 39 perusahaan dan memiliki jumlah lowngan kerja yang cukup banyak. Harapannya, kegiatan tersebut dapat meminimalikan jumlah pengangguran di Tulungagung.(bac)

Keterangan gambar : Pengunjung di salah satu stand Job Market Fair.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment