Perda KTR di Kota Blitar Gagal Disahkan Tahun Ini

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Salah satu Peraturan Daerah (Perda) di Kota Blitar yang dibahas tahun ini adalah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Bahkan Perda ini digadang-gadang bisa disahkan di tahun ini. Namun demikian, Perda ini ternyata gagal disahkan tahun ini karena beberapa kendala.

Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar, Hendry Pradipta Anwar mengatakan, pada tahun ini dipastikan ada Perda yang belum bisa disahkan, yaitu Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Banyaknya Perda lainnya yang mendesak untuk disahkan membuat Perda KTR gagal disahkan tahun ini.

“Terpaksa Perda KTR yang kita harapkan bisa disahkan tahun ini harus gagal. Ini karena banyak Perda lain yang lebih mendesak untuk segera disahkan tahun ini,” kata Henry, Senin (24/12).

Dijelaskannya, selama 2018 ini pihaknya harus membahas sekitar 12 Perda. Sedangkan waktu yang ada dinilainya masih belum cukup untuk mengesahkan semuanya. Namun demikian ia memastikan, pada tahun 2019 mendatang Perda tentang kawasan tanpa rokok ini bisa disahkan.

“Saya pastikan tahun depan bisa disahkan. Tapi kita juga berharap proses menuju pengesahan nantinya tidak ada kendala, sehingga Perda KTR bisa segera diterapkan di Kota Blitar,” ujarnya.

Henry menambahkan, Perda KTR ini akan mengatur kawasan-kawasan yang diperbolehkan maupun dilarang merokok. Diantara kawasan yang tidak diperbolehkan merokok seperti di lingkungan sekolah, kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit, kantor Dinas, dan lain-lain.

“Jadi dalam Perda sudah dijelaskan kawasan-kawasan mana yang boleh atau tidak boleh merokok. Nah, tentu sanksinya juga masuk di dalamnya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment