Penyakit Tak Menular Berpotensi Besar Akibatkan Kematian

ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Muji Astuti mengatakan, saat ini potensi besar penyebab kematian tidak berasal dari penyakit yang menular. Namun justru dari penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabet, hipertensi, dan lain-lain.

“Jadi pola penyakit saat ini memang mulai bergeser, dimana kalau dulu yang sering mengakibatkan kematian adalah penyakit menular, tapi sekarang justru yang tidak menular,” kata Muji, Selasa (30/04).

Bahkan, lanjut Muji, penyakit tidak menular saat ini sudah mulai merambah ke usia muda atau usia produktif. Padahal, usia muda merupakan waktunya untuk berkarya semaksimal mungkin. Sehingga disayangkan jika penyakit tidak menular menimpa anak usia muda.

Muji menjelaskan, penyebab utama usia muda terkena penyakit tidak menular adalah pola makan dan gaya hidup. “Sekarang pola makan serba instan, konsumsi buah dan sayur masih sangat kurang. Kemudian gaya hidup semuanya juga serba dienakkan oleh fasilitas yang ada, sehingga mereka malas untuk aktifitas fisik,” pungkasnya.

Muji menuturkan, untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular pihaknya telah melakukan penyuluhan serta menekan masyarakat untuk melakukan gerakan hidup sehat. Selain itu, deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular juga sudah dilakukan dengan memeriksa anak usia 15 tahun keatas. Pemeriksaan meliputi tensi, gula darah, dan lain-lain.

“Kita berupaya lebih baik mencegah. Satu diantaranya deteksi dini dengan harapan kalau terdeteksi sejak dini penangannya jauh lebih mudah dari pada sudah terjangkit.(fat/wir)

Keterangan gambar: Muji Astuti, Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment