Penderita DB di Blitar Meningkat 300 Persen

ADAKITANEWS, Blitar – Peningkatan jumlah penderita Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Blitar selama 2018 cukup signifikan. Bahkan, peningkatannya mencapai 300 persen dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberatasan Penyakit Dinkes Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah penderita DB sepanjang 2018 mencapai 358 orang. Angka ini meningkat drastis dibanding 2017 yang hanya berjumlah 94 penderita.

“Peningkatan cukup banyak selama 3 bulan terakhir. Kalau tahun ini dari 358 penderita, 8 diantaranya meninggal dunia. Sementara 2017 lalu, dari 94 penderita, 4 diantaranya meninggal dunia,” kata Krisna dikantornya, Rabu (02/01).

Krisna menuturkan, dari 8 penderita DB yang meninggal dunia, 7 diantaranya masih berusia anak-anak. Sedangkan 1 penderita sudah berusia dewasa.

Menurutnya, satu diantara penyebab tingginya kasus DB selama 2018 lalu adalah pengaruh cuaca yang ekstrem. Selain itu masyarakat juga kurang memahami soal penyakit DB, sehingga pada umumnya penderita terlambat dibawa ke layanan kesehatan.

“Kita sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi dan lain-lain. Tapi mengingat cuaca seperti ini, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungannya,” ujarnya.

Krisna menambahkan, pada 2019 ini pihaknya mulai melakukan upaya pencegahan seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal pemberantasan nyamuk, hingga mengenai bahayanya penyakit DB.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi nyamuk aedes aegypti.(google.com

Related posts

Leave a Comment