Pemkot Blitar Waspadai Titik Rawan Longsor dan Banjir Selama Musim Hujan

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Warga di Kota Blitar diminta waspada jika terjadi hujan deras yang mengguyur wilayahnya dalam waktu lama. Sebab, bencana longsor dan banjir masih menjadi ancaman di beberapa wilayah di Kota Blitar, terutama saat memasuki musim hujan.

Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, ada beberapa wilayah di Kota Blitar yang rawan terjadi longsor dan banjir saat musim hujan. Untuk bencana longsor, paling rawan terjadi di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan.

Pada musim hujan tahun lalu, ada empat kejadian longsor di Kelurahan Gedog. Sampai sekarang masih ada kejadian longsor di wilayah Kelurahan Gedog yang belum ditangani secara permanen. “Kelurahan Gedog memang menjadi wilayah yang rawan bencana longsor,” kata Hakim, Kamis (15/11).

Selain longsor, lanjut Hakim, bencana banjir juga masih menjadi ancaman di Kota Blitar. Saluran air yang tersumbat sampah sering menjadi penyebab banjir di beberapa titik di Kota Blitar. “Sebenarnya bukan banjir, tapi genangan akibat saluran air tersumbat sampah,” ujarnya.

Hakim menjelaskan, sejumlah wilayah yang sering tergenang saat musim hujan, yaitu di kawasan Pasar Templek, Jalan Mastrip, Jalan A Yani, dan Jalan Sultan Agung. Rata-rata genangan di sejumlah tempat itu disebabkan saluran air mampet. Akibatnya air meluber menggenangi jalan.

Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan DLH untuk membersihkan saluran air dari sampah. Langkah itu untuk mencegah terjadinya banjir saat curah hujan mulai tinggi.

“Kami juga mengimbau warga yang tinggal di sekitar sungai aliran lahar agar lebih waspada saat hujan deras turun dalam waktu lama. Kami harap mereka segera mengungsi di tempat aman untuk mengantisipasi terjadi banjir bandang,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment