Pemkot Belum Ambil Sikap Soal Kemenangan Gugatan PKL Mastrip

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar belum bisa mengambil sikap terhadap putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan gugatan Paguyuban Pedagang Mastrip. Pemkot masih mengajukan banding terhadap putusan gugatan itu.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, terkait kemenangan gugatan pedagang jalan mastrip, saat ini pihaknya masih mengajukan banding. Menurutnya, putusan banding juga belum keluar. Pihaknya akan menunggunya selama 1 bulan kedepan.

Dijelaskannya, sebelum ada hasil putusan banding, Pemkot belum bisa menentukan langkah terhadap pedagang Mastrip. Menurutnya, proses pembangunan di Jalan Mastrip juga sudah berjalan. Sekarang kondisi Jalan Mastrip juga lebih bagus dan indah daripada dulu.

“Kami tidak bisa berjalan mundur, yang penting mencari solusi terbaik. Pembangunan di sana sudah berjalan. Kondisinya juga lebih bagus dari dulu. Kami optimis banding yang kami ajukan akan membuahkan hasil bagi Pemkot,” kata Santoso, Sabtu (23/09).

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, Paguyuban Pedagang Mastrip memang sudah mengirim surat permohonan audensi ke dewan. Dewan menjadwalkan pertemuan dengan pedagang Mastrip awal Oktober. Rencananya, sebelum audensi dengan pedagang, dewan akan menanyakan masalah itu ke Pemkot terlebih dulu.

“Rencananya, kami akan memanggil Pemkot terlebih dulu. Kami ingin menanyakan ada surat dari pedagang seperti ini, lalu apa tanggapan dari Pemkot,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Blitar mengajukan banding terhadap putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan gugatan Paguyuban pedagang mastrip terkait penertiban pedagang kaki lima (PKL) di jalan mastrip Kota Blitar.

Pedagang menggugat Pemkot Blitar terkait pelaksanaan penertiban kios PKL di Jalan Mastrip ke PTUN Surabaya. Pemkot mengeluarkan surat perintah ke Kepala Satpol PP Kota Blitar nomor 800/23/410.118.2/2017 tertanggal 13 Januari 2017 tentang pelaksanaan kegiatan pengamanan dan penertiban PKL jalan Mastrip Kota Blitar. Ada 78 kios milik PKL di jalan Mastrip yang digusur tanpa ada tempat relokasi. Penggusuran sejumlah kios PKL itu untuk pelebaran jalan di lokasi.(fat/wir)

Keterangan gambar: Santoso, Wakil Walikota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment