Pemkab Kediri Pastikan Ketersediaan Obat di Apotek Selama Masa Pandemi Aman

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri memastikan stok obat di Apotek hingga hari ini aman. Hal tersebut disampaikan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana usai menggelar pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo di Pendopo Ronggo Djoemono Kabupaten Madiun, Kamis (18/08).

Melalui kesempatan itu Presiden Jokowi memberikan instruksi tegas kepada seluruh Kepala Daerah di Jawa Timur untuk terus meningkatkan upaya penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Yakni dengan melakukan percepatan vaksinasi, penggunaan tempat Isolasi Terpadu, hingga memastikan ketersediaan obat di tiap daerah.

Dalam rapat tersebut juga diumumkan terkait keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam melakukan percepatan vaksinasi hingga meraih peringkat keempat sasaran vaksinasi di Jawa Timur. Mulai dari vaksin untuk masyarakat umum, disabilitas, hingga dosis ketiga untuk para tenaga medis.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Bup mengatakan, kegiatan terakhir yang dilakukan oleh Pemkab Kediri adalah mengadakan vaksinasi massal bekerjasama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur di SMPN 1 Grogol dengan sasaran 2 ribu dosis.

“Kita akan fokus membicarakan bagaimana untuk menggenjot dan meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19,” terang Mas Bup.

Pasca pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Mas Bup juga langsung menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk segera memfungsikan Rumah Sakit Darurat. Hal ini menyusul ruang isolasi baru di Gedung Pavilion VVIP RS SLG yang sudah mulai digunakan.

Terkait isolasi terpadu, Presiden juga menginstruksikan agar isolasi terpadu dapat dihidupkan kembali. Oleh karena itu, kini Pemkab Kediri sedang membahas bagaimana agar masyarakat yang menjalani isolasi mandiri bisa dipindahkan ke lokasi isolasi terpadu baik isolasi tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten.

“Kita juga telah melakukan pengecekan di 27 apotek yang tersebar di Kabupaten Kediri dan obatnya sampai hari ini aman,” pungkasnya.

Keberhasilan Kabupaten Kediri dalam menduduki peringkat keempat sasaran vaksinasi di Jawa Timur diketahui juga merupakan wujud kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Diharapkan dengan terus meningkatnya kesadaran tersebut, Kabupaten Kediri segera mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity.(*/kur)


Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment