Pembebasan Lahan Taman Jingkrak Dianggarkan Rp 2,3 M

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berencana membangun taman di wilayah Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan. Taman ini bakal diberi nama Jingkrak Park. Beberapa persiapan sudah disiapkan, termasuk mengalokasikan anggaran miliaran rupiah untuk pembebasan lahan milik warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan, tahun ini proses pembebasan lahan warga sedang dilakukan. Pihaknya menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk pembebasan lahan tersebut. Sementara pembangunan fisik sendiri baru dilakukan 2020 mendatang.

“Luas lahan untuk pembangunan taman sekitar 1,5 hektare. Lahan yang sudah menjadi aset Pemkot seluas 1 hektare. Sedangkan lahan tambahan seluas 0,5 hektare akan dibebaskan dari warga,” kata Pande.

Pande menjelaskan, konsep Taman Jingkrak tetap mendedukasi. Nantinya, taman itu dilengkapi arena bermain anak, berbagai jenis hewan, dan balai pertemuan. “Jadi balai pertemuan itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan warga,” ujarnya.

Tahun ini, Pemkot Blitar masih menyelesaikan pembangunan tiga taman di lahan eks kelurahan. Ketiga taman itu di lahan eks Kelurahan Bendo, eks Kelurahan Pakunden, dan eks Kelurahan Rembang. Pembangunan tiga taman itu batal dilaksanakan pada 2018 karena proses lelangnya gagal.

“Pembangunan tiga taman itu harus terlaksana tahun ini. Anggarannya sudah ada sekitar Rp 2 miliar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Pande Ketut Suryadi, Kepala DLH Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment