Pelaksanaan USBN SMA dan SMK di Blitar Dilakukan Serentak

ADAKITANEWS, Blitar – Ujian Sekolah Berbasis Sekolah (USBN) SMA dan SMK di Blitar tahun ajaran 2018/2019 bakal dilakukan secara serentak.

Berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dimana jadwal pelaksanaanya tidak bersamaan. Untuk SMA dilakukan awal April 2019, sedangkan SMK akhir Maret 2019.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo mengatakan, USBN SMA dan SMK di Blitar bakal digelar selama 8 hari. Yakni pada Maret 2019 mulai tanggal 4, 5, 6, 13, 14, 15, 18, dan 19. Pada pelaksanaannya, tidak berturut-turut karena pada 16 dan 17 Maret 2019 ada simulai UNBK.

“Waktunya memang ada renggang 2 hari untuk simulasi UNBK. Tapi jadwal pelaksanaannya antara SMA dan SMK kita pastikan sama,” kata Trisilo, Jumat (08/02).

Trisilo menambahkan, jumlah siswa yang bakal mengikuti USBN sama dengan peserta UNBK. Untuk SMA/SMK Kota Blitar sebanyak 4.993 siswa, sementara SMA/SMK Kabupaten Blitar sebanyak 7.249 siswa. “Kalau jumlahnya siswa yang mengikuti ujian sama. Tapi USBN kan memang dilakukan sebelum UNBK digelar,” ujarnya.

Untuk soal USBN, lanjutnya, dikeluarkan dari provinsi. Namun pembuatan soal sudah melibatkan guru yang tergabung dalam kelompok guru mata pelajaran yang diujikan dalam USBN.

“Jadi pembuatan soalnya, dari guru mapel sebanyak 75 persen. Sementara sisanya 25 persen dari pihak Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Trisilo Budi Prasetyo, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment