Pasien Yang Dirawat di RSUD dr Soegiri Dipastikan Tidak Terindikasi Terkena Virus Corona

ADAKITANEWS, Lamongan – Rumah Sakit Umum Daerah dr Soegiri Lamongan memastikan pasien seorang wanita WNI berinisial SH, 32, yang menikah dengan seorang WNA asal Taiwan yang dirawat di rumah sakit tersebut tidak terindikasi terkena virus Corona.

Kepastian tersebut menyusul pasca adanya kabar yang beredar di medsos tentang seorang pasien yang diduga diindikasikan terkena virus Corona dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan.

Kepala Bagian Humas RSUD Dr Soegiri Lamongan, Budi Wignyo menyebutkan, pasien asal Desa Mayong Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan tersebut dipastikan tidak terindikasi virus Corona. Pasien tersebut saat ini sedang dirawat di ruang perawatan umum dan bukan ruang khusus isolasi.

“Terkait informasi yang tersebar melaui WhatsApp kalau ada pasien dari Taiwan yang terjangkit Corona itu tidak benar (hoax),” jelasnya Budi ketika dikonfirmasi awak media, Jumat (06/03).

Budi menjelaskan, pasien menikah dengan warga negara Taiwan dan datang dari Taiwan pada tanggal 5 Februari kemarin untuk menjemput anaknya untuk diajak tinggal di Taiwan. Lalu pada tanggal 10 Februari pasien mengalami mual muntah karena habis makan rujak mengkudu dan kedondong. Setelah sembuh pasien kembali aktivitas seperti biasanya.

“Setelah itu pada tanggal 3 Maret, keluarga pasien punya hajatan dan ia makan urap-urap dan muntah. Karena banyak muntah sorenya pasien demam dan dibawa ke PKU Dukun, Gresik. Lalu pasien dimotivasi untuk dirujuk ke RSUD Soegiri. Dari hasil pemeriksaan kondisi pasien cukup sehat, tidak ada demam, tidak ada sesak atau ditemukan keluhan batuk-batuk. Memang sebelumnya pasien memiliki riwayat penyakit asma atau alergi. Pemeriksaan darah pun lengkap dengan hasil dalam batas normal,” urai Budi.

Budi menambahkan, jika dalam tubuh pasien didapatkan gambaran peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan (Bronchitis).

Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan isu penyebaran virus Corona yang banyak dibicarakan beberapa waktu terakhir ini. Ia pun meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap menjaga kebersihan. “Kami pastikan bahwa pasien yang dirawat di RSUD Soegiri bukan suspect virus Corona,” tegasnya.(prap)

Keterangan gambar: Kepala Bagian Humas RSUD Dr. Soegiri Lamongan, Budi Wignyo.

Related posts

Leave a Comment