Musim Libur Sekolah, Pelayanan Adminduk di Blitar Meningkat 30 Persen

ADAKITANEWS, Blitar – Libur sekolah kali ini terbilang cukup panjang. Mulai dari sebelum lebaran hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Momen ini dimanfaatkan sebagian pelajar maupun masyarakat umum di Kabupaten Blitar untuk mengurus data administrasi kependudukan (Adminduk) seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga surat pindah. Alhasil, pelayanan adminduk di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar pun meningkat dibanding hari biasa.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Anggo Takdir Hanudji mengatakan, pelayanan di musim libur sekolah ini ada peningkatan sekitar 20 – 30 persen per hari. Dimana pada hari biasa, jumlah pemohon sekitar hanya 400 – 500 orang per hari.

“Saat libur sekolah per harinya jumlah pemohon bisa mencapai 600 – 800 orang. Mereka mayoritas merupakan warga Kabupaten Blitar yang sebelumnya berada di luar kota bahkan luar pulau yang sengaja pulang ke Blitar untuk mengurus data kependudukan berupa surat pindah, rekam e-KTP hingga cetak e-KTP,” kata Anggo saat dihubungi melalui telepon, Jumat (06/07).

Lebih lanjut Anggo menuturkan, ada banyak anak-anak yang baru berusia 17 tahun juga mulai mengurus perekaman e-KTP. Selain itu, ada juga pemohon yang mengajukan permohonan Adminduk berupa akta kelahiran. ” Dikarenakan musim libur, jadi para pelajar yang usianya sudah menginjak 17 tahun juga ikut mengurus e-KTP,” paparnya.

Anggo menambahkan, meskipun terjadi peningkatan pengurusan adminduk, namun pihaknya memastikan akan tetap melayani mereka semaksimal mungkin.(fat/wir)

Keterangan gambar: Anggo Takdir Hanudji (paling kiri), Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment