Modal Berani Coba, Usaha Batik Eny Kini Mampu Hasilkan Omzet Puluhan Juta Per Bulan

ADAKITANEWS, Blitar – Aktivitas yang dilakukan sehari-hari ternyata bisa menciptakan sebuah lapangan usaha yang berpotensi mendapatkan hasil cukup menggiurkan. Tak hanya puluhan ribu, ratusan ribu ataupun jutaan, namun bisa meraup puluhan juta per bulan. Tinggal keberanian seseorang untuk melangkah dan mencoba, apa yang susah ditekuninya.

=========

Seperti keberanian Eny Setyawati, perempuan berusia 43 tahun asal Kabupaten Blitar yang mampu meraup omzet puluhan juta per bulan dari hasil usahanya sebagai perajin batik.

Eny, sapaan akrab ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Tlogo RT 2/RW 4 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ini menganggap bahwa semakin hari pamor batik makin cemerlang. Baik di dalam maupun di luar negeri. Momentum ini pun, kemudian tak disia-siakannya.

Dia menceritakan, awal mula menekuni usaha di bidang batik ini memang hanya mencoba-coba bersama kelompok tetangga. Kemudian tahun 2015, Eny memberanikan diri untuk terjun sendiri.

“Alhamdulilah berkat dukungan dari teman-teman dan bimbingan dari Pemerintah Daerah, saya bisa usaha sendiri dan mampu bertahan hingga sekarang,” ujar Eny.

Berkat kegigihannya selama ini, Eny masih bertahan dengan IKM batik. Meskipun di luar sana sudah banyak pembatik yang lebih muda dan lebih modern, namun Eny mengaku akan terus berkreasi untuk mengembangkan IKM batik yang telah digelutinya selama 3 tahun terakhir.

Perempuan paruh baya ini mengungkapkan, awal mula modal yang ia miliki untuk memulai usaha ini hanya Rp 5 juta. Itupun hanya bisa untuk membeli kain, pewarna dan peralatan lain untuk membatik. Namun usahanya selama ini telah membuahkan hasil, dimana saat ini per bulan ia bisa meraih omzet antara Rp 5 juta – Rp 15 juta.

“Saya waktu itu pernah membatik ke guru saya dan itu kan dapat upah, upahnya saya kumpulkan dan saya buat modal . Alhamdulillah, berjalan lancar meskipun sempat jatuh bangun dan saat ini omzet saya per bulan kalau pas sepi sekitar Rp 5 juta tapi kalau pas ramai bisa mencapai Rp 15 juta keatas,” jelasnya.

Menurut Eny, seluruh masyarakat Indonesia, baik tua maupun muda tampaknya sudah makin menaruh perhatian kepada batik. Hal itu tentu saja tak luput dari peran para perajin batik yang gencar menciptakan beragam motif, warna, dan desain batik yang inovatif. Untuk memperkenalkan berbagai jenis batik inovatif yang mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, dirinya juga harus mampu berkreasi.

“Sampai saat ini saya sudah menciptakan beragam motif yang menjadi potensi unggulan di Blitar, dengan warna batik yang lebih ekspresif dengan memasukkan karakter warna-warna alam. Kalau produk batik saya bernama Batik Jagad Jawa, karena awal mulanya batik berasal dari tanah Jawa dan batik yang saya produksi lebih mengedepankan motif yang menggambarkan potensi unggulan di Kabupaten Blitar,” terangnya.

Tak banyak hal yang ingin ia geluti saat ini. Eny hanya akan mempertahankan kualitas batik yang diproduksinya dan terus mencoba mencari channel agar produk batiknya bisa terus berkembang dan dikenal banyak orang.

“Yang pasti saya akan terus menjaga kualitas batik saya. Memang agak mahal batik saya yang dijual karena memang saya membuatnya dari bahan yang bagus,” papar Eny.

Harga yang ditawarkan oleh Eny juga beragam. Untuk batik cap dihargai antara Rp 150 ribu – Rp 200 ribu, batik tulis Rp 450 ribu – Rp 800 ribu, dan batik kombinasi Rp 175 ribu – Rp 250. Menurutnya, semua itu tergantung warna dan juga motif permintaan. “Alhamdulillah karena berkat dukungan dan bimbingan melalui kegiatan pameran di Pemkab, produk saya sudah mulai dikenal ke luar daerah seperti Jawa Barat, bahkan sudah ada pemesan dari negara Jepang,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Eny Setyawati, saat menunjukkan batik hasil karyanya.(ist)

Related posts

One Thought to “Modal Berani Coba, Usaha Batik Eny Kini Mampu Hasilkan Omzet Puluhan Juta Per Bulan”

  1. Anik suherman

    Alhamdulillah ikut bangga dan senang selamat sodaraku semoga tambah laris dan sukses Aamiin

    Dr temen putih biru🤗😘

Leave a Comment