Menyemai Kebangsaan di Kemah Budaya Bukit Onga’an

ADAKITANEWS, Kediri – Berbagai upaya dilakukan seluruh elemen masyarakat di Indonesia, untuk memaknai dan merayakan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Salah satunya, melalui acara bertajuk Kemah Budaya yang digelar di kawasan wisata Bukit Onga’an Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri sejak Kamis (16/08) hingga Jumat (17/08).

Ada total sekitar 110 peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut. Mereka, terdiri dari berbagai latar belakang diantaranya aktivis, mahasiswa, pelajar SMP dan SMA, hingga keluarga.

Acara bertemakan “Kemah Budaya, Menyemai Kebangsaan” itu, diprakarsai oleh Omah Wacan Sang Sembung dan sengaja mengambil tempat di alam terbuka, yakni kawasan wisata Bukit Onga’an.

Salah satu inisiator acara, Edy Santoso mengatakan, perlu adanya suntikan semangat kebangsaan khususnya bagi para generasi muda, untuk lebih memaknai arti kemerdekaan. “Bagaimana agar para generasi muda ini memaknai kemerdekaan. Bukan hanya kemerdekaan secara formalitas semata, melainkan secara hakiki. Yakni mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, bersama membangun NKRI, sekaligus menorehkan prestasi demi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Masih kata Edy, di dalam rangkaian acara Kemah Budaya, ada banyak sekali kegiatan. Diantaranya membacaan dongeng, puisi, api unggun, pentas seni, jelajah alam, renungan malam, wawasan kebangsaan bagi anak, hingga upacara detik-detik proklamasi.

“Berbagai kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta bisa mengerti betul apa itu kemerdekaan. Sehingga, mereka memiliki ide sendiri untuk mengisi kemerdekaan tersebut,” tambahnya.

Tak hanya itu, kegiatan juga sengaja dipusatkan di alam terbuka agar para peserta memahami bahwa kemerdekaan itu adalah milik segala elemen yang ada di bumi Indonesia, salah satunya adalah alam dan seisinya. “Bahwa menjadi manusia Indonesia merdeka harus mendukung dan didukung nature (alam,red). Jangan sampai ibu pertiwi, ibu bumi di 73 tahun kemerdekaan ini justru teraniaya, tereksploitasi dan rusak. Maka merdeka haruslah merawat bumi pertiwi juga,” tandasnya.(kur)

Keterangan gambar: Kemah Budaya di kawasan wisata Bukit Ongaan Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment