Melintas di Blitar, Obor Asian Games 2018 Diharap Bisa Membakar Semangat Atlet untuk Raih Prestasi

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Blitar menjadi daerah pertama di Jawa Timur yang dilintasi kirab obor Asian Games 2018.

Sebelumnya proses penyalaan obor sudah dilakukan sejak Minggu (15/07). Sumber api kirab obor diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand New Delhi India, yang menjadi arena pelaksanaan perdana 1951. Selain Blitar, daerah di Jawa Timur yang akan dilintasi kirab obor yakni Kepanjen, Malang, Bromo, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso. Selanjutnya, kota terakhir di Jawa Timur yang dilewati obor tersebut adalah Banyuwangi pada 21-23 Juli 2018.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, Kota Blitar merupakan 54 dari Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang dilintasi kirab obor. Menurutnya, Kota yang dilintasi merupakan daerah yang mempunyai nilai sejarah. “Jadi tidak sembarangan Kota yang dikunjungi. Karena pernah Indonesia pada tahun 1962, oleh Bung Karno pertama kali diselenggarakan Asian Games. Bung Karno saat itu juga menyampaikan keberaniannya bahwa Indonesia mampu dan bisa melakukannya,” jelasnya, Jumat (20/07).

Santoso menjelaskan, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyakat Kota Blitar. Setelah 56 tahun yang lalu, wilayah tersebut kembali dilewati lagi oleh obor Asian Games. Wawali pun berharap hal itu bisa memberikan semangat dan dorongan motivasi kepada seluruh pengurus KONI dan cabor-cabornya agar lebih bisa memacu dan memicu semangat sehingga lebih berprestasi di bidang olahraga.

“Ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Saya berharap, semangat para atlet di Kota maupun Kabupaten Blitar bisa terbakar untuk meraih prestasi,” tandasnya.

Santoso menambahkan, dengan adanya kirab obor yang melintasi Kota Blitar ini, juga mempunyai pengaruh yang besar bagi pariwisata di Kota Blitar, khususnya di Makam Bung Karno.

Rombongan kirab obor sampai di Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar pada Jumat (20/07) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam kegiatan ini, selain Wakil Walikota Blitar dan Bupati Blitar, hadir juga Ketua Penyelenggara Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), Erick Thohir serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani.

Prosesi kirab diawali dari MBK, dimana obor yang dibawa mantan atlet tenis meja olimpiade Barcelona 1992, Lingling Agustin diserahkan kepada Menko PMK. Setelah prosesi di MBK selesai, selanjutnya rombongan kirab menuju kantor Walikota Blitar dan obor diserahkan kepada Wakil Walikota Blitar. Selesai kegiatan di kantor Walikota Blitar, obor kembali diserahkan kepada atlet untuk dikirab menuju Malang.

Menko PMK, Puan Maharani mengatakan, pelaksanaan Asian Game yang berlangsung di Jakarta dan Palembang sudah siap 99 persen dan tinggal mengevaluasinya dalam waktu 1 bulan ini.

Terkait adanya asap di Palembang, Puan menambahkan, pemerintah sudah melakukan antisipasi kebakaran-kebakaran hutan, sehingga menjelang Asian Games asap tidak akan meluas. “Kita sudah melakukan upaya sejak 2 tahun lalu untuk mengantisipasi asap akibat kebakaran. Kita optimis pelaksanaannya baik di Jakarta maupun Palembang akan berjalan lancar,” imbuhnya.(hms/fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana penyerahan obor kepada Wakil Walikota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment