Lewat Perpres Baru, Perketat Pendaftaran Peserta dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

ADAKITANEWS, Tulungagung – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) mulai gencar mensosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Peraturan tersebut menyempurnakan regulasi jaminan kesehatan yang selama ini telah ada. Selain itu Perpres ini juga merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi target Universal Health Coverage (UHC) serentak yang diberlakukan di seluruh Indonesia.

“Perpres tersebut berlaku efektif pada 19 Desember 2018 lusa. Sifatnya juga akan lebih tegas, utamanya terkait iuran kepesertaan,” kata Kepala BPJS kantor Cabang Tulungagung, Indrina Damayanti, Senin (17/12).

Karena itu terbitnya Perpres yang baru tersebut perlu diketahui provider, peserta JKN-KIS dan masyarakat. Kecuali itu juga disebutkan adanya kewajiban seluruh masyarakat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Mengacu peraturannya, Januari mendatang setiap warga negara wajib ikut dalam kepesertaan JKN-KIS, baik yang mandiri maupun Penerima Bantuan Iuran,” terang Indrina.

Selain itu juga ada perubahan aturan untuk peserta yang menunggak pembayaran iuran BPJS. Jika sebelumnya masih ada toleransi waktu selama 10 hari pada bulan berikutnya. Dalam aturan ini, langsung dinonaktifkan ketika bulan sebelumnya menunggak pembayaran.

“Jika bulan kemarin belum dibayar, maka otomatis langsung non aktif. Dan baru bisa aktif setelah tunggakannya diselesaikan, ditambah pembayaran pada bulan berjalan,” ujar Indriana.

Sedangkan perubahan pada pendaftaran untuk bayi, pada aturan yang lama, bayi bisa didaftarkan menjadi peserta BPJS kesehatan sejak masih dalam kandungan. Namun mulai 19 Desember mendatang bayi yang lahir setelah tanggal tersebut bisa didaftarkan setelah dilahirkan. Dengan ketentuan maksimal batas pendaftarannya adalah maksimal 28 hari setelah dilahirkan.(bac)

Keterangan gambar : BPJS Cabang Tulungagung saat menggelar sosialisasi.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment