Krisis Air Bersih, Warga Swadaya Droping Air

ADAKITANEWS, Lamongan – Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan sejumlah desa di Kecamatan Babat dan Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan mulai terdampak kekeringan.

Salah satunya di Desa Sumberagung Kecamatan Modo yang sejak satu bulan lebih warganya mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Sebagai bentuk respon cepat terhadap bencana kekeringan warga dengan secara swadaya melakukan droping air bersih. Alhasil, droping air bersih itu pun langsung diserbu warga untuk dipakai memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pantauan Tim Adakitanews, warga antre dengan membawa ember serta jeriken berebut mendapatkan air bersih.

“Krisis air bersih ini sudah menjadi langganan warga wilayah selatan Lamongan. Meski baru memasuki awal musim kemarau, tetapi krisis air sudah melanda. Meski sudah pernah mendapatkan droping air bersih dari BPBD Lamongan, warga berharap agar intensitas droping terus ditingkatkan sehingga tidak sampai menyebabkan krisis air bersih,” kata Sinto, tokoh MASYARAKAT setempat, Selasa (02/07).

Sementara itu menurut Winarti, warga setempat, sejak bulan ini kondisi air di desanya mulai mengering. Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa manfaatkan air sungai, itu pun harus menempuh jarak yang cukup jauh dari desa.(prap)

Keterangan gambar: Warga mengantre mendapatkan air bersih(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment