KPU Tulungagung Sediakan TPS Khusus Di Lapas

ADAKITANEWS, Tulungagung – Pada hari pencoblosan dalam Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/06) mendatang, sejumlah narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 2B Tulungagung juga diberi kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya.

Suyitno Arman, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menyatakan akan menyediakan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi para napi. “Napi yang menghuni Lapas Tulungagung tidak akan kehilangan hak politiknya. Mereka masih tetap bisa mencoblos dalam Pilkada 2018. Kita telah menyiapkan satu TPS khusus di Lapas tersebut,” kata Suyitno Arman, Senin (25/06).

Lanjut Arman, meski ada fasilitas TPS, yang berhak menggunakan hak pilih hanya mereka yang telah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), atau dengan menunjukkan KTP elektronik.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 2B Tulungagung, Erry Taruna membenarkan bahwa dalam Pilkada 2018 ini pihak Lapas mendapatkan fasilitas berupa TPS khusus.

“Ya, kita ada fasilitas TPS khusus yang diperuntukkan bagi warga binaan di Lapas Tulungagung. Bahkan untuk petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara,red) diserahkan pada pihak Lapas,” kata Erry Taruna.

Papar Erry, jumlah penghuni Lapas yang fluktuatif karena mobilitas warga binaan, membuat jumlah DPT di dalam Lapas terus mengalami perubahan. Saat pendataan awal, dari total 487 warga binaan penghuni Lapas, hanya 166 orang saja yang masuk dalam DPT.

Selain TPS khusus, pihak KPU juga akan memfasilitasi masyarakat yang tidak bisa mencoblos pada saat pelaksanaan karena sakit dan memerlukan perawatan di rumah sakit. KPU akan mendatangi setiap rumah sakit, dengan didampingi pihak Panwas.(bac)

Keterangan gambar : Erry Taruna, Kalapas kelas 2B Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment