KPU Kota Blitar Sosialisasikan Pemilu dan Pilpres di SLB

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar semakin gencar melaksanakan sosialisasi Pemilu dan pendidikan pemilih. Kali ini, KPU Kota Blitar menyasar pemilih disabilitas yakni Siswa SMA Luar Biasa (SMALB) Negeri Kota Blitar, Selasa (30/10). Sosialisasi kepada pelajar SLB ini, diketahui merupakan yang pertama kalinya digelar oleh KPU Kota Blitar.

Sosialisasi ini diikuti siswa kelas 1, 2 dan 3 SMALB Kota Blitar. Pada kesempatan itu, Komisioner KPU Kota Blitar membawakan materi berisi berbagai informasi Pemilu 2019 dan pendidikan pemilih. Selain itu, materi juga disisipkan pesan moral bertujuan agar pemilih lebih peduli dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu pada 17 April 2019.

“Sosialisasi ini untuk mengajak pemilih disabilitas menyalurkan hak pilihnya. Sebab, mereka memiliki hak untuk memilih seperti masyarakat pada umumnya. Mungkin secara fisik mereka berbeda, tapi secara hak memilih. Mereka mempunyai hak yang sama,”kata Ummu Chairu Wardani, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi.

Menurutnya, dalam sosialisasi ini pihaknya menggandeng komunikator sebagai penerjemah. Dalam menyampaikan materi juga ada perbedaan dibandingkan dengan sosialisasi pada umumnya. Dalam kesempatan ini pihaknya menyampaikan materi langsung pada poin-poin penting agar materi mudah dipahami oleh pelajar disabilitas.

“Kita buat mereka senang dulu. Kita ciptakan suasana senang gembira, kita juga ajak mereka menyanyi. Yang penting pesan yang kami sampaikan sampai. Mereka bisa tahu hak pilihnya. Bagaimana mereka bisa bersikap sebagai pemilih, dan siapa saja yang dipilih kita sampaikan,” jelasnya.

Para penyandang disabilitas ini cukup antusias terhadap sosialialisasi tersebut. Sehingga pesertanya cukup membludak.

Kepala SMALB Negeri Kota Blitar, Sutiono mengatakan, sosialisasi kepada pelajar disabilitas ini cukup bagus. Karena ini merupakan pertama kalinya pelajar disabilitas mendapat sosialisasi secara khusus.

“Di tahun-tahun kemarin ada sosialisasi, tapi digabungkan dengan masyarakat umum. Harapan kami kedepan bisa seperti ini lagi dengan melibatkan pelajar SMPLB. Karena SMPLB itu ada juga yang usianya 20 tahun,” pungkasnya.

Selain itu ia juga berharap, melalui sosialisasi ini pemilih disabilitas bisa turut serta memilih dalam Pemilu dan Pilpres 2019. Bahkan bisa mengajak sesama rekan lainnya untuk turut serta menyampaikan hak pilihnya.

“Target kami mereka bisa memilih. Apalagi fasilitas untuk disabiltas sudah disiapkan semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Melvin Tantino, 20, salah satu siswa SMALB Negeri Kota Blitar mengaku senang dengan adanya sosialisasi pemilu yang digelar KPU Kota Blitar. Menurutnya sosialisasi pemilu ini bagus karena anak-anak disabilitas bisa semakin tahu informasi tentang pemilu.

“Kita bisa tahu tentang pemilu. Dan semoga dengan sosialisasi ini anak-anak disabilitas tidak golput dan turut serta menyongsong suksesnya pemilu dan pilpres 2019,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana sosialisasi.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment