Konvoi Kelulusan, Puluhan Pelajar Diamankan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puluhan pelajar tingkat SMA yang menggelar koncoi kelulusan di jalan protokol Kota Sidoarjo diamankan polisi, Kamis (03/05) siang. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi terjadinya perkelahian antar pelajar, serta untuk menjaga ketertiban lalulintas.‎

Konvoi tersebut dilakukan para pelajar untuk merayakan kelulusan dan mengungkapkan ekspresi setelah mendapat informasi lulus sekolah ditingkat SMA.

“Sesuai perintah bapak Kapolresta Sidoarjo, Bapak Kombes Pol Himawan Bayu Aji, yang sebelumnya sudah melakukan imbauan ke sekolah-sekolah untuk supaya dalam merayakan kelulusan tidak melakukan coret mencoret atau konvoi hingga ke jalan raya agar tidak mengganggu ketertiban arus lalulintas,” tutur Aiptu Agus.

Danton Tim Raimas (Pengurai Massa) Sat Shabara Polresta Sidoarjo tersebut mengatakan, puluhan pelajar dengan baju yang sudah dicoret-coret warna-warni dan bergerombolan menggunakan motor di jalan raya terpaksa diamankan.‎

“Dari total semua yang kita amankan sebanyak 30 siswa SMA tersebut, 25 laki-laki dan 5 perempuan yang berbeda sekolah sedang melakukan konvoi di jalan raya terutama jalan protokol kota Sidoarjo ini. Tadi kita amankan karena mengingat belakangan di beberapa daerah telah terjadi perkelahian antar pelajar,” ungkap Aiptu Agus kepada Tim Adakitanews.com di Mapolresta Sidoarjo.

Setelah digiring ke halaman Mapolresta Sidoarjo, puluhan anak baru gede yang baru lulus SMA tersebut selanjutnya diberikan nasihat dan wawasan, serta dihukum hormat bendera dan gerakan fisik lainnya bersama-sama.

Setelah diberika wawasan dan hukuman tindakan disiplin, mereka akhirnya diizinkan pulang ke rumah masing.‎ “Tujuan kita lakukan tindakan disiplin yang masih taraf normal atau wajar seperti hormat bendera, push-up dan jongkok-jongkok,” papar Aiptu Agus.

Hukuman bagi para anak-anak tersebut, lanjut Aiptu Agus, adalah untuk membentuk kedisiplinan mereka dan akan berpengruh juga nantinya pada saat memasuki masa-masa kerja.

“Karena masa depan mereka masih sangat panjang, jadi kedisipilinan itu perlu. Bahwa nanti saat bekerja atau kuliah bisa disiplin, bahwa dimanapun nantinya kita ditempatkan disiplin adalah moto yang utama nantinya,” pungkas Aiptu Agus.(sid3)‎

Keterangan gambar : Puluhan pelajar saat menjalani hukuman kedisiplinan di Mapolresta Sidoarjo.(foto : andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment