Keterlambatan Penyerahan Seragam Gratis Jadi Perhatian Dewan

ADAKITANEWS, Tulungagung – Kalangan DPRD Tulungagung menyayangkan penyediaan seragam gratis bagi siswa SD dan SMP, yang sampai saat ini belum diserahkan kepada siswa baru.

Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono menyatakan bahwa seharusnya pihak Pemkab Tulungagung bisa membagikan seragam tersebut tepat saat siswa kali pertama masuk sekolah. Karena antara dewan dan pemerintah, sudah menyepakati adanya bantuan seragam sekolah gratis tersebut, yang tahun ini merupakan kali kedua.

“Seharusnya bantuan seragam untuk siswa dibagikan paling lambat saat hari pertama masuk sekolah. Ini kan sudah dianggarkan, kenapa Pemkab tidak bisa membuat perencanaan secara baik,” kata Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono, Senin (16/07).

Lanjut Supriyono, pihaknya menaruh perhatian terhadap ketepatan waktu dan kualitas seragam yang akan dibagikan secara gratis tersebut.

“Kepada pemenang tender, atau pihak yang menyediakan, soal ketepatan waktu dan mutu, ini menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Supriyono yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pendidikan Tulungagung ini berharap agar kejadian keterlambatan penyerahan seperti tahun lalu tidak terulang. Jika ini terjadi, maka bantuan tersebut kurang sesuai dari tujuan awal, yakni untuk meringankan beban orang tua siswa.

“Tahun lalu, penyerahan bantuan seragam mundur beberapa bulan. Hingga akhirnya orang tua siswa beli sendiri, karena seragam jatah belum jadi,” ungkap Supriyono.

Hal itu pun dimaklumi oleh Supriyono, karena penganggarannya yang sangat mepet. Namun seharusnya, tahun ini pembagian seragam gratis itu bisa tepat sasaran. Yakni mulai waktu serta kualitas barang. Pasalnya, pengadaan seragam gratis sudah diatur dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).(bac)

Keterangan gambar : Pembagian seragam gratis pada September 2017 lalu.(dok. adakitanews.com)

Related posts

Leave a Comment