Kepolisian Beri Lampu Hijau, Laga Antara Madiun Putera FC Vs Persebaya Siap Digelar

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Setelah sempat berada dalam ketidakpastian apakah pertandingan lanjutan Liga 2 antara Madiun Putra melawan Persebaya Surabaya bisa digelar atau tidak, akhirnya Selasa (18/07) pihak kepolisian menyatakan jika pihaknya sudah memberikan izin untuk pelaksanaan pertandingan tersebut.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Sonny Budi Mahar Budi Adityawan mengatakan, sesuai rencana pertandingan akan dilaksanakan pada hari Kamis (20/07) malam mendatang.

“Untuk izin pertandingan sudah kami turunkan setelah kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelas Kapolres Madiun Kota, saat ditemui setelah kegiatan Rakor pengamanan pertandingan antara Madiun Putra melawan Persebaya Surabaya, Selasa (18/07).

Masih menurut Kapolres, disetujuinya pelaksanaan pertandingan juga setelah adanya pernyataan atau komitmen dari para kelompok suporter untuk selalu menciptakan kondisi aman dan kondusif. Sementara untuk pengamanan, pihak Polres Madiun Kota mengaku akan all out dengan menggandeng institusi lainnya seperti TNI, Brimob, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

“Untuk menjamin pertandingan berjalan lancar dari awal hingga akhir, kami akan menyiapkan sebanyak 800 personel gabungan,” urai Kapolres.

Ia menjelaskan, proses pengamanan sendiri nantinya akan dimulai dengan penyisiran untuk preventif, satu hari sebelum pertandingan dan pada saat pertandingan.

Kabagops Polres Madiun Kota, Kompol Mujo Frajoko menyampaikan jika teknis pengamanan nantinya akan dibagi menjadi lima ring. Di tiap-tiap ring nantinya akan ada pengawasan dari seorang Perwira Menengah. “Untuk jumlah Supoter Persebaya atau Bonek, kami belum bisa menyampaikannya sekarang karena masih butuh koordinasi lanjutan,” lanjut Kabagops.

Terpisah, pentolan Bonek Surabaya, Andi Kristoantono atau yang akrab dipanggil Andi Peci bersama beberapa rekannya yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan pertandingan agar tetap aman dan kondusif. “Kami Bonek sudah merubah diri untuk menuju menjadi suporter yang baik dengan menghilangkan stigma negatif selama ini,” tegas Andi Peci kepada Tim Adakitanews.com.

Andi juga mempersilakan aparat penegak hukum untuk melakukan tindakan tegas jika diketahui ada Bonek yang melakukan perbuatan kriminal atau melawan hukum. “Untuk kawan-kawan Bonek diperkirakan akan datang ke Madiun sekitar 10 ribu suporter dari Surabaya,” urai Andi Peci.(bud)

Keterangan gambar: Rakor di Aula Polres Madiun Kota.(foto : budiyanto)

Related posts

Leave a Comment