Kapolda: PCC Belum Ditemukan Beredar di Jawa Timur

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Meski hingga kini peredaran pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) di wilayah Jawa Timur belum terdeteksi, namun pihak berwajib mengaku akan terus melakukan pengawasan.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin disela kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2017 di Kota Madiun mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan peredaran pil PCC di wilayahnya. “Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada peredaran pil PCC di Jawa Timur,” terang Kapolda, Senin (18/09).

Meski tidak ditemukan peredarannya di Jawa Timur, Machfud Arifin tetap instruksikan kepada seluruh anggotanya untuk selalu melakukan pengawasan serta penertiban jika nantinya ditemukan indikasi peredaran pil PCC, khususnya di Jawa Timur.

“Untuk aparat Kepolisian, tetap waspada sekaligus perintahkan pemantauan dan penertiban. Namun yang pasti tidak ditemukan, Jawa Timur aman,” pungkasnya.

Seperti diketahui, jika PCC termasuk kategori obat keras. Jika pil ini dikonsumsi, bisa mengakibatkan halusinasi dan paling fatal adalah gangguan otak. Oleh Kementerian Kesehatan, PCC bahkan juga dikategorikan sebagai obat ilegal, serta sudah dicabut izin serta peredarannya pada tahun 2013 lalu.

Keterangan gambar: Pil PCC.(google.com)

Related posts

Leave a Comment