Kanim II Blitar Non TPI Tolak 49 Pengajuan Paspor

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan data di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar Non TPI, selama Januari 2019 tarcatat ada 49 pengajuan paspor yang ditolak. Penolakan dilakukan dengan berbagai sebab.

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Blitar Non TPI, Denny Irawan mengatakan, penolakan terhadap permohonan 49 paspor karena dicurigai digunakan untuk bekerja secara non prosedural di luar negeri. Hal iti diketahui saat petugas meneliti data pemohon, mulai dari berkas hingga saat proses wawancara.

“Awalnya petugas kita memang sudah curiga saat wawancara. Selanjutnya petugas melakukan pemantauan lanjutan sehingga pengajuan paspor akhirnya ditolak,” katanya, Selasa (05/03).

Denny menjelaskan, engan ditolaknya pengajuan paspor, sesuai ketentuan pemohon bersangkutan tidak bisa mengajukan permohonan paspor dalam kurun waktu enam bulan. Menurutnya, selain penolak 49 paspor, data di kantor imigrasi selama Januari dan Februari 2019, tercatat 37 paspor ditangguhkan karena dugaan yang sama, yakni hendak menyalahgunakan paspor.

“Dalam proses pembuatan paspor, kita benar-benar harus teliti. Jadi kita juga sudah tangguhkan 37 pemohon paspor,” pungkasnya.

Denny menambahkan, pihaknya saat ini terus memperketat penerbitan paspor melalui proses wawancara dan penelitian berkas untuk menghindari adanya penyalahgunaan paspor diantaranya untuk menjadi TKI non prosedural.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment