Kabupaten Kediri Terima Mesin PCR

ADAKITANEWS, Kediri – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono menyerahkan 10 mesin PCR (Polymerase Chain Reaction), bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat. Mesin PCR ini diserahkan kepada 10 kabupaten dan kota di Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, (15/06).

Kabupaten Kediri merupakan salah satu penerima bantuan mesin PCR tersebut dan diterima langsung oleh Direktur Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK), Dr dr Ibnu Gunawan, MM. Keberadaan mesin ini diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri. Dengan adanya alat ini penemuan kasus confirm Covid -19 bisa lebih cepat dan lebih masif. Tidak ada lagi pasien yang harus dirawat lama di rumah sakit karena menunggu hasil swab yang lama. Tentu saja harapannya akan mempercepat upaya memutus rantai penularan Covid-19.

“Dengan adanya mesin PCR, kini pemeriksaan spesimen dapat dilakukan di Kabupaten Kediri, tidak perlu lagi dikirim ke Surabaya. Sekali running bisa 90 sampel selama 2 jam. Kemudian mixing dan masuk ke alat PCR selama sekitar 1 jam, hasil selesai sekitar 3-3.5 jam,” katanya.

dr Ibnu menambahkan, dengan mesin ini maka dapat dilakukan pemeriksaan swab mandiri, sehingga dapat mempercepat penentuan hasil pemeriksaan swab dan langkah pengobatan selanjutnya.

Sekadar informasi, 10 daerah yang menerima bantuan tersebut yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Malang.(*/kur)

Keterangan gambar: Direktur RSKK, Dr dr Ibnu Gunawan, MM usai menerima mesin PCR di Gedung Negara Grahadi Surabaya.(dok kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment