Jumlah TPA di Blitar Masih Minim

ADAKITANEWS, Blitar – Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kabupaten Blitar dinilai sangat penting. Namun demikian, meski wilayah Kabupaten Blitar sangat luas, jumlah TPA yang ada masih sangat minim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto mengatakan, hingga kini di Kabupaten Blitar hanya memiliki lima TPA sampah. Dari jumlah itu tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya Wlingi, Kesamben, Srengat, dan Sutojayan.

“Kita akui jumlah tempat pembuangan akhir masih minim. Padahal jumlah sampah yang ada cukup banyak, mengingat Kabupaten Blitar juga sangat luas,” ujar Krisna, Senin (04/03).

Untuk itu, lanjut Krisna, pihaknya sudah berencana akan menambah TPA yang berlokasi di Kecamatan Sutojayan dan Wonotirto. Namun, hingga kini belum belum ada keputusan pasti tetkait lokasi TPA karena masih koordinasi dengan perhutani.

“Kita memang berencana untuk tambah lokasi TPA. Tapi tempat pastinya masih kita kordinasikan dengan perhutani. Karena kemungkinan nanti bakal menggunakan lahan perhutani dengan sistem pinjam pakai,” jelasnya.

Krisna menambahkan, di Kabupaten Blitar ada satu TPA yang sudah tidak aktif, yakni di Kademangan. Sehingga tidak bisa difungsikan kembali.(fat/wir)

Keterangan gambar: Krisna Triatmanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment