Jumlah Penyuluh Pertanian di Kabupaten Blitar Masih Minim

ADAKITANEWS, Blitar – Pembinaan petani di Kabupaten Blitar dipastikan tidak maksimal karena jumlah penyuluh pertanian yang minim. Sehingga diharapkan ada penambahan jumlah penyuluh pertanian.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Hari Budi Harto mengatakan, saat ini jumlah penyuluh pertanian di Kabupaten Blitar hanya 158 petugas. Sementara sesuai target nasional, setiap desa dan kelurahan harus memiliki satu petugas penyuluh pertanian.

“Di Kabupaten Blitar kan ada 248 desa/kelurahan, dan saat ini masih ada 158 petugas penyuluh pertanian. Jadi tentunya masih banyak kekurangannya,” kata Hari, Selasa (09/04).

Hari menjelaskan, 158 petugas penyuluh pertanian saat ini terpaksa melakukan pembinaan petani dengan merangkap. Dimana di masing-masing penyuluh membina dua desa maupun kelurahan. Menurutnya, minimnya jumlah petugas penyuluh pertanian secara otomatis mempengaruhi kualitas pembinaan petani yang kurang maksimal.

“Tentu ini berpengaruh terhadap pembinaan yang kita lakukan. Karena intensitas pertemuan dengan petani di setiap desa menjadi minim,” ujarnya.

Hari menambahkan, untuk mengatasi permasalahan kekurangan petugas penyuluh pertanian, saat ini pihaknya memanfaatkan penyuluh swakarsa yang diambilkan dari petani yang dinilai kompeten untuk membina petani namun tanpa ada anggaran dari pemerintah.(fat)

Keterangan gambar: Hari Budi Harto, Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment