Jelang Pemilu, Dispendukcapil Tulungagung Rajin Jemput Bola Perekaman e-KTP

ADAKITANEWS, Tulungagung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tulungagung kini rajin melakukan jemput bola dalam layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 471.13/24150/dukcapil, yang menjadi target utama layanan tersebut adalah pemilih pemula yang berusia antara 16 – 17 tahun. “Layanan jemput bola ini dilaksanakan karena masih tingginya jumlah pemilih pemula serta menindaklanjuti surat edaran dari Kemendagri,” terang Kepala Dispendukcapil, Justi Taufik, Kamis (27/12).

Lanjutnya, pelaksanaan perekaman ini juga bertujuan untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Karena penduduk yang memiliki hak pilih wajib ber e-KTP.

Tempat yang menjadi sasaran perekaman e-KTP tersebut diantaranya SMA, SMK, perguruan tinggi, dan pondok pesantren. Termasuk juga bagi pemilih yang ada di rumah tahanan (rutan).

Salah satu lokasi yang menjadi tujuan perekaman adalah pondok pesantren modern Darul Hikmah yang berlokasi di Desa Tawangsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Dipilihnya pondok tersebut salah satunya disebabkan masih ada santri yang tinggal di pondok. Saat ini seluruh sekolah dan beberapa pondok pesantren nyaris tidak ada aktivitas kerena memasuki masa liburan.

Justi menyampaikan, berdasarkan data Dispendukcapil jumlah penduduk untuk Kabupaten Tulungagung ada 1.109.237 jiwa. Dari jumlah tersebut yang wajib untuk memiliki e-KTP dengan batas minimal usia 17 tahun ada sekitar 863.606 jiwa. Sementara data terakhir jumlah penduduk yang berusia antara 16-17 tahun sebanyak 12.000 jiwa.(bac)

Keterangan gambar : Beberapa santri Ponpes modern Darul Hikmah sedang mendapat layanan perekaman e-KTP dari petugas Dispendukcapil.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment