Jalur Sepeda Boleh Dipakai Parkir?

ADAKITANEWS, Kediri – Jalur khusus Pesepeda yang baru saja dibuat di beberapa ruas jalan di Kota Kediri, sudah mendapat respons positif dari masyarakat. Namun ada beberapa diantara mereka yang masih mempertanyakan, terkait boleh atau tidaknya jalur khusus tersebut dipakai sebagai lahan parkir.

Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri, Ferry Djatmiko melalui Kasi Prasarana Lalu Lintas, Yoga Nofinta Eka Putra menyatakan bahwa marka jalan yang berwarna hijau atau yang dikenal dengan jalur khusus sepeda, boleh dipergunakan untuk parkir maupun PKL. Hal itu menurut Yoga, berdasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor 34 tahun 2014 Tentang Marka Jalan.

“Terkait marka jalan yang ditempati PKL atau parkiran mobil itu, diperbolehkan. Sebab marka kita (jalur khusus sepeda,red) itu, warnanya hijau. Kalau hijau itu tidak ada larangan. Dasarnya ada di Peraturan Menteri Perhubungan nomor 34 tahun tentang marka jalan,” ujarnya.

Menurut Yoga, nantinya jika sudah ada sosialisasi atau launching penggunaan jalur khusus sepeda itu, diharapkan masyarakat lebih berempati pada pengguna jalan lain, khususnya sepeda. “Boleh untuk dipakai parkir. Tapi tetap harus empati atau memberikan kesempatan kepada pengguna jalan lain, khususnya sepeda,” tambahnya.

Yoga mengatakan, hingga saat ini pengerjaan marka jalan khusus pesepeda di beberapa ruas jalan di Kota Kediri ini masih belum selesai 100 persen. Namun dipastikan, para pengendara sepeda akan dapat menikmati jalur khusus tersebut dalam waktu dekat. “Saat ini pengerjaan marka jalan tersebut baru berjalan 80 persen,” ucapnya.

Marka khusus pesepeda ini, rencananya akan tersedia di beberapa ruas jalan. Diantaranya di Jalan Veteran, Jalan Penanggungan, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan KDP Slamet, Jalan Diponegoro, Jalan Hasanudin, Jalan Teuku Umar, Jalan Imam Bonjol, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Pemuda.(kdr1)

Keterangan Foto : Pengendara sepeda yang melintas di jalur khusus pesepeda (foto: Muchlis ubaidhillah)

Related posts

Leave a Comment