Hening dan Khidmat, Prosesi Ulang Janji Kwarcab Kota Kediri

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Seperti tahun-tahun sebelumnya, sehari menjelang peringatan HUT Gerakan Pramuka selalu dilaksanakan upacara ulang janji oleh anggota Pramuka di seluruh Indonesia. Seperti di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kediri, prosesi upacara ulang janji digelar di halaman SMP Negeri 5 Kota Kediri, Minggu (13/08) malam.

Puluhan anggota Pramuka mulai dari tingkat Penggalang, Penegak, Pandega, hingga para Andalan Cabang terlihat hadir dalam upacara yang diramu dalam suasana hening penuh kekhidmatan tersebut.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri, Kak Maki Ali yang memimpin langsung jalannya upacara mengatakan, bahwa ulang janji merupakan momen penting bagi setiap anggota Pramuka. Yakni dalam rangka mengingat kembali Dasa Dharma dan Tri Satya, untuk kemudian mengamalkannya ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebelum pelaksanaan ulang janji, Kak Maki Ali juga meminta kepada seluruh anggota Pramuka yang hadir, untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, khususnya mereka yang telah berjasa dalam mendirikan Gerakan Pramuka.

“Pegang ujung Sang Saka Merah Putih dengan tangan kanan, genggam dan letakkan pada dada sebelah kiri. Kemudian tangan kiri, memegang pundak rekan di sebelah adik-adik,” ujar Kak Maki mengawali prosesi ulang janji.

Saat ulang janji diucapkan, suasana kekhidmatan semakin terasa. Seluruh peserta upacara dengan lantang menirukan ucapan sumpah, yang dipandu langsung oleh Ka Kwarcab.

Tri Satya. Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup, dan ikut serta membangun masyarakat. Menepati Dasa Dharma.

Dalam pesannya Kak Maki Ali juga meminta kepada seluruh anggota Pramuka untuk terus mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.(kur)

Keterangan gambar: Upacara Ulang Janji anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Kediri.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment