Helmy Yahya Berbagi Pengalaman Kewirausahaan dengan Wartawan

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi para wartawan di Kota Kediri, Jumat (16/10). Kegiatan yang digelar secara daring tersebut menghadirkan narasumber seorang presenter sekaligus wirausahawan sukses, serta mantan Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya.

Dalam sambutannya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Rizal Moelyana mengatakan bahwa pelatihan wartawan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan KPwBI Kediri untuk meningkatkan skill serta menambah wawasan wartawan mitra kerja sehingga dapat bermanfaat dalam mendukung profesinya. Pelatihan ini juga diharapkan dapat menjaga komunikasi dan koordinasi yang lebih erat antara KPwBI Kediri dengan awak media.

Kegiatan pelatihan kali ini mengambil topik kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber seorang entrepreneur yang juga lama berkecimpung di dunia pers serta pertelevisian, Helmy Yahya. Pemilihan topik ini, kata Rizal, tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, tak terkecuali wartawan.

“Pelatihan ini bukan bermaksud untuk mengarahkan wartawan meninggalkan profesi utamanya sebagai penyampai berita, namun lebih sebagai upaya menambah wawasan wartawan yang pastinya bermanfaat pada pelaksanaan tugasnya dalam menulis berita. Semakin banyaknya waktu di rumah bersama keluarga yang dimiliki selama pandemi yang terjadi sekarang ini, awak media bisa mencoba memulai membangun bisnis dari rumah bersama keluarga,” kata Rizal Moelyana.

Mengawali materinya, Helmy Yahya memberikan empat poin penting dalam memulai sebuah bisnis terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, yakni ICU kuadrat (ICU2). Keempat poin tersebut adalah Improve Your Character, Check The Business, Upgrade Your Skills, dan terakhir Update Your Channeling.

Kiat-kiat sukses Helmy Yahya yang dipaparkan dalam video conference selama hampir 2 jam tersebut memberikan banyak inspirasi dan motivasi bagi para wartawan. Terutama saat sebagian besar sektor industri tengah lesu selama masa pandemi.

Sekadar diketahui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri selama ini juga rutin menyelenggarakan pelatihan wartawan setiap tahunnya. Tahun sebelumnya pelatihan wartawan mitra KPwBI Kediri digelar di Jakarta dan para awak media berkesempatan melihat langsung keberadaan Museum Bank Indonesia serta proses pencetakan uang rupiah di Perum PERURI.(kur)

Keterangan gambar: Helmy Yahya saat memberikan pemaparan kewirausahaan bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment