Harga Jelang Natal dan Tahun Baru Terkendali, Masyarakat Tak Perlu Galau

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Fenomena kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru selama ini kerap dikhawatirkan masyarakat. Namun demkian, masyarakat diimbau untuk tetap tenang lantaran harga-harga kebutuhan pokok di Kota Kediri diyakinkan masih akan terus terkendali.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri, Djoko Raharto bersama dengan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Yetty Sisworini, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri, Ellyn T Brahmana, saat menggelar jumpa pers di Gedung Bank Indonesia Kediri, Selasa (18/12) siang.

Dalam keterangannya di depan awak media, Djoko Raharto meyakinkan kepada masyarakat bahwa kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 hingga kini masih terkendali. Ia juga memastikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang adanya lonjakan harga menjelang akhir tahun.

Hal senada juga disampaikan Yetti Sisworini, bahwa hingga saat ini tidak ada perubahan harga yang signifikan. “Pagi tadi kita sudah melaksanakan sidak harga di pasar. Hasilnya, tidak ada perubahan harga yang perlu kita galaukan. Jadi masih dalam batas wajar. Yakni beras, gula, minyak, dan telur,” katanya.

Yetty menyebut, saat ini pihaknya memang sedang intens memantau harga gula dan telur. Sebab biasanya menjelang Natal dan Tahun Baru, kedua komoditas itu kerap diserbu masyarakat untuk membuat kue dan beberapa jenis makanan lain.

“Perubahan harganya tidak signifikan. Kenaikan hanya sedikit. Yang banyak malah terjadi penurunan. Harga telur yang sebelumnya Rp 24 ribu, sekarang sudah antara Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu,” jelasnya.

Dengan kondisi saat ini, Yetty meyakinkan kepada masyarakat untuk tidak khawatir tentang adanya kemungkinan kenaikan harga kebutuhan pokok. Pihaknya bersama seluruh unsur Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri pun mengaku siap untuk terus menjaga kestabilan harga.(kur)

Keterangan gambar: (dari kiri) Kepala KPwBI Kediri, Djoko Raharto, Kepala Disperdagin Kota Kediri, Yetty Sisworini, dan Kepala BPS Kota Kediri, Ellyn T Brahmana saat menggelar jumpa pers di gedung Bank Indonesia Kediri terkait harga kebutuhan menjelang Natal dan Tahun Baru.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment