“Gobak Sodor”, Jadi Ajang Nostalgia Para Lansia Saat Ikut POP

ADAKITANEWS, Tulungagung – Gobak Sodor, menjadi salah satu cabang olahraga yang sengaja dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Perempuan (POP) Region Jawa Timur, yang digelar di GOR Lembu Peteng Tulungagung, 20-24 Juli 2018.

Dimasukkannya permainan Gobak Sodor tersebut, merupakan langkah untuk mempertahankan dan melestarikan olahraga tradisional. Bahkan, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri di even yang digagas Fatayat NU bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut.

“Gobak Sodor adalah permainan yang melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan. Kemenpora sangat perhatian terhadap olahraga tradisional seperti Gobak Sodor ini. Harapannya, untuk melestarikan permainan yang sudah ada sejak jaman nenek moyang,” kata Ketua Umum PP Fatayat NU Anggia Ermarini, Selasa (24/07).

Lanjut Anggia, Gobak Sodor adalah sejenis permainan luar ruang tradisional di Indonesia. Cara bermainnya, adalah secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa melewati garis di baris terakhir, secara bolak-balik.

Agar bisa menang, seluruh anggota kelompok harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Anggia memaparkan, pada POP ini dirinya mencoba mengajak perempuan Indonesia untuk lebih familiar dengan dunia olahraga, utamanya yang telah lanjut usia. Ia mengatakan, salah satu mandat Kemenpora adalah nguri-uri (menghidupkan) olahraga tradisional.

“Gobak sodor ini permainan saya sejak kecil. Olahraga tradisional di Indonesia sangat beragam. Semuanya menarik. Orang Eropa dan Amerika sangat bangga dengan olahraga tradisional,” Anggia menambahkan.

Sementara itu menurut salah seorang peserta yang sempat ditemui di sela-sela pertandingan, Rebiyah, 65, mengaku gemar berolahraga sejak masih muda. “Saya senang bisa ikut bertanding. Seperti bernostalgia mengenang masa lalu. Semoga kedepannya ajang POP tetap melibatkan peserta dengan usia lanjut,” harap Rebiyah.

Melalui kesempatan itu Rebiyah juga berpesan kepada para remaja agar gemar berolahraga. Karena manfaatnya, memang tidak langsung didapat tetapi nanti setelah usia lanjut seperti dirinya yang tetap sehat dan kuat.(bac)

Keterangan gambar : Permainan Gobak Sodor dalam POP .(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment