Gelontor Tambahan Dana Tiap Kelurahan, Pemkab Blitar Siapkan Rp 10,4 Miliar

ADAKITANEWS, Blitar – Program Pemerintah Pusat dalam melakukan pembangunan dari pinggiran diwujudkan dengan memberikan Dana Desa (DD) yang cukup besar. Bahkan tahun ini, tidak hanya desa yang menerima anggaran, namun setiap kelurahan juga dipastikan mendapat tambahan dana.

“Iya benar, mulai tahun 2019 ini, pemerintah tidak hanya menggelontorkan dana desa. Namun juga mengeluarkan program dana kelurahan se-Indonesia,” kata Khusna Lindarti, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blitar, Kamis (17/01).

Khusna menjelaskan, pada tahun ini Dana Alokasi Umum (DAU) yang digelontorkan Pemerintah Pusat kepada Pemkab Blitar naik sekitar Rp 44,1 miliar, dimana ini diperuntukan bagi gaji PNS, K-13, dan K-14 sebesar Rp 33,7 miliar. Dan sisanya sekitar Rp 10,4 miliar digunakan untuk dana tambahan bagi setiap Kelurahan.

“Jadi total anggaran yang diperuntukkan bagi Kelurahan sekitar Rp 10,4 miliar. Nah, diperkirakan sebanyak 28 Kelurahan yang ada di Kabupaten Blitar bakal menerima tambahan dana sekitar Rp 350 juta,” ujarnya.

Khusna menuturkan, hingga kini belum ada petunjuk terkait tata cara dan teknis pencairanya, sehingga pihaknya masih menunggu kebijakan tersebut dari Pemerintah Pusat. “Kalau tambahan Dana Kelurahan ini nantinya dimanfaatkan untuk peningkatan sarpras dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Khusna Lindarti, Kepala BPKAD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment