Gara-gara Masalah Pribadi, Hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo Diskorsing

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Seorang hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Sidoarjo mendapatkan sanksi dari Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung. Hakim berinisial ES tersebut mendapat sanksi disiplin berat dengan hukuman non palu selama dua tahun.

Humas PN Sidoarjo, Ketut Suarta saat dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa hakim ES mendapatkan skorsing selama dua tahun dan tidak diizinkan memimpin sidang. “Iya memang ada Hakim di Pengadilan Negeri Sidoarjo yang mendapat sanksi,” ungkap I Ketut Suarta, Selasa (18/12).

I Ketut Suarta mengatakan, sanksi yang diberikan terhadap seorang hakim tersebut bukan terkait penanganan perkara di PN Sidoarjo, melainkan karena persoalan pribadi.

Meski demikian ketika ditanya soal kasus yang sedang membelit ES hingga mengakibatkan hukuman tersebut, I Ketut Suarta enggan memberikan keterangan secara rinci kepada awak media. “Masalahnya apa, itu kami tidak bisa menyampaikan ke media, karena kasusnya masalah pribadi, bukan penanganan terkait kasus perkara di persidangan,” terangnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan informasi yang didapat dari penelusuran Badan Pengawas Mahkamah Agung, selama periode Januari hingga November 2018 ada sebanyak 98 hakim di seluruh Indonesia yang diberi sanksi hukuman disiplin.(sid3)

Keterangan gambar: Humas PN Sidoarjo, Ketut Suarta saat ditemui wartawan.(foto: andri santoso)

Related posts

Leave a Comment