Dua Pekan Terakhir, Harga Telur Mulai Naik

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sejak dua pekan terakhir di bulan Desember 2018 ini, harga telur ayam ras di Tulungagung mulai mengalami kenaikan.

Susanti, pedagang di salah satu pasar tradisional di Tulungagung mengatakan, naiknya harga telur ayam ras tersebut sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Kenaikan tidak hanya terjadi di kalangan pedagang Pasar Grosir Ngemplak. Namun juga dialami pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Abdul Fatah, yang lokasinya di sekitar Pasar Grosir Ngemplak.

“Sudah dua minggu ini harga telur naik. Kondisi ini dialami seluruh pedagang, baik yang jualan di dalam pasar maupun yang ada di pinggir jalan,” kata Susanti, Rabu (12/12).

Tambah Susanti, kenaikan harga telur tersebut berkisar antara Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kilogram. Para pedagang mengaku terpaksa menjual dengan harga tinggi, karena harga di tingkat peternak juga sudah tinggi.

Untuk telur yang kualitas bagus, dari harga semula Rp 19 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 25 ribu sampai Rp 26 ribu per kilogram. Susanti memperkirakan, kenaikan tersebut adalah akibat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Sejak harga naik, konsumen pilih telur yang warna kulitnya putih, karena harganya lebih murah,” ujar Susanti.

Untuk telur yang kulitnya berwarna putih tersebut, harganya kini mencapai Rp 22 ribu setelah sebelumnya berada di kisaran Rp 16 ribu.(bac)

Keterangan gambar : Pedagang telur di Jalan Abdul Fatah Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment