Dua Hari Menggelantung, Kabel PJU Ganggu Aktivitas Kendaraan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sebuah kabel lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) di Jalan Raya Desa Sawo Cangkring Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo menggelantung. Akibatnya, aktivitas kendaraan-kendaraan besar yang biasa melintasi jalan tersebut menjadi terganggu.

Dari pantauan Tim Adakitanews di lokasi, kabel PJU tersebut terlihat menggelantung hingga turun sekitar satu meter dari permukaan tanah. Posisinya juga melintang tepat di depan sebuah gudang perusahaan besi. Alhasil, harus ada orang yang membantu menaikkan kabel saat kendaraan akan lewat.

Supriyadi, 53, petugas penjagaan kendaraan perusahaan mengatakan, kabel PJU tersebut sudah menggelantung selama dua hari. “Kalau ada kendaraan mau parkir atau yang hendak keluar masuk perusahaan tidak bisa, karena kabelnya ngelewer (menggelantung,jawa-red,” kata Supriyadi, Jumat (25/01).

Dijelaskan Supriyadi, setiap akan melintas harus ada orang yang mengangkat kabel PJU tersebut agar kendaraan bisa lewat. “Kalau ada kendaraan seperti trailer yang hendak masuk perusahaan dan harus melewati lahan ini ya harus ada yang menaikkan dengan memakai galah, baru kendaraannya bisa lewat,” ungkapnya.

Menggelantungnya kabel PJU tersebut, kata Supriyadi, diduga karena terputusnya kabel dari tiang PJU akibat terhempas angin kencang dua hari lalu. Untuk menandai agar tidak membahayakan pengendara lainnya, warga sekitar juga memberi tanda dengan mengikat kantong plastik warna merah dan dahan pohon di kabel tersebut.

“Terlepasnya kabel sudah sejak dua hari yang lalu, kemungkinan karena dihempas angin kencang. Ya semoga secepatnya diperbaiki oleh pihak terkait, karena para sopir-sopir yang hendak masuk ke perusahaan sering mengeluh dan kalau malam hari yang tidak tahu kalau ada kabel ngelewer,” urai Supriyadi.(sid3)

Keterangan gambar : Warga sekitar saat menunjukkan kabel PJU yang menggelantung di sebuah lahan tempat haluan kendaraan perusahaan.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment