Droping Material SIM Terlambat, Diganti Surat Keterangan

ADAKITANEWS, Tulungagung – Bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah hukum Polres Tulungagung saat ini harus rela bersabar untuk mendapatkan SIM. Ini karena droping material SIM dari Korlantas Mabes Polri dari berbagai golongan mengalami keterlambatan. Kondisi ini terjadi sejak sepekan terakhir.

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Ramadhan Nasution membenarkan adanya kekosongan blangko SIM. Dia mengatakan jika kekosongan tersebut sering terjadi. Namun untuk kali ini, pihaknya belum memastikan kapan blangko akan kembali didistribusikan. Karena kekosongan tersebut tidak hanya terjadi di Tulungagung, namun juga di seluruh jajaran.

“Kita belum bisa memastikan kapan blangko tersebut ada. Namun demikian, pelayanan permohonan SIM untuk semua jenis tetap berlangsung seperti biasa,” ungkap AKP Ramadhan.

Ramadhan menyampaikan, setiap hari pihaknya menerima rata-rata 250 pemohon SIM baik pemohon perpanjangan atau baru. Sampai saat ini, lebih dari 700 pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) belum mendapatkan bentuk fisik SIM.

Meski belum mendapatkan SIM, sebagai pengganti sementara, pemohon SIM yang telah lulus ujian diberikan surat keterangan “Tanda Bukti SIM Sementara”. “Penerbitan Tanda Bukti SIM Sementara ini sesuai perintah dari Korlantas Mabes Polri. Bahkan formatnya pun ditentukan standar, mulai ukuran kertas, jenis huruf hingga keterangan dalamnya. Namun untuk wilayah Polres Tulungagung, kita tambahkan dengan barcode atau kode batang, untuk memudahkan pihaknya melakukan pelacakan data,” papar AKP Ramadhan.

“Masa berlakunya ya sampai material SIM tersedia lagi. Dan jangan khawatir, suket ini berlaku di manapun. Bahkan, jika petugas memiliki aplikasi barcode ini maka mereka akan mengetahui data pemegang SIM,” terangnya.(ta1)

Keterangan gambar : Petugas Kepolisian menunjukkan Surat Keterangan Tanda Bukti SIM Sementara.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment