Dispendukcapil Blitar Intensifkan Perekaman Data Bagi Lansia

ADAKITANEWS, Blitar – Warga yang berusia lanjut atau lansia dan jompo bakal diprioritaskan untuk perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan sistem jemput bola (Jebol). Hal itu dilakukan agar lansia maupun jompo bisa mendapatkan e-KTP dan digunakan untuk memperoleh bantuan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Anggo Takdir Hanudji mengatakan, selama ini banyak warga penerima bantuan tidak bisa mencairkan bantuan itu lantaran terkendala persyaratan. Salah satu persayaratan untuk mengambil bantuan dari pemerintah, yakni kepemilikan e-KTP.

“Rata-rata warga penerima bantuan yang tidak bisa mencairkan bantuan memang mayoritas lansia dan jompo,” kata Anggo, Sabtu (24/11).

Anggo menjelaskan, sampai sekarang masih banyak lansia dan jompo yang belum memiliki e-KTP, karena belum melakukan perekaman data. Berdasarkan data dari kantornya, saat ini masih ada ribuan lansia dan jompo yang belum melakukan prekaman data. Untuk itu, pihaknya sekarang intensif melakukan perekaman e-KTP kepada mereka dengan cara mendatangi satu per satu rumah warga.

“Tentu banyak alasan kenapa lansia dan jompo belum melakukan perekaman data, kendala diantara tidak bisa datang ke kantor Dispendukcapil. Untuk itu kami melakukan jemput bola,” pungkasnya.

Anggo menuturkan, hingga kini pihaknya sudah melakukan perekaman e-KTP kepada 500 lansia dan jompo yang ada di Kabupaten Blitar. Namun masih banyak lansia dan jompo yang belum melakukan perekaman data. Padahal sebagian besar mereka merupakan penerima bantuan, sehingga pihaknya masih secara bertahap melakukan perekaman e-KTP kepada mereka.

“Kami akan terus merekam data dengan sitem jebol bagi lansia dan jompo,” ujarnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana pelayanam di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment