Dishub: Jukir Jadi Kunci Capaian Target Retribusi Parkir

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar mengaku tidak mudah untuk mencapai target retribusi parkir yang terus dinaikkan. Terakhir, pada Perubahan APBD 2018, Pemkot Blitar menaikkan target retribusi parkir menjadi Rp 1.650.000.000. Dimana sebelumnya sudah dinaikkan sekitar Rp 1,3 miliar.

“Tidak gampang untuk meningkatkan retibusi parkir. Data yang kita punya, sejak 2011 pencapaian retribusi parkir belum mencapai target. Baru 2017 sudah bisa mencapai target yang dibebankan sebesar Rp 1 miliar,” kata Priyo Suhartono, Kepala Dishub Kota Blitar, Rabu (31/10).

Agar bisa mencapai target yang dibebankan, pihaknya dipastikan terus melakukan pembinaan kepada para juru parkir (jukir) untuk memungut sesuai potensi dan ketentuan. Selain itu, juga melakukan edukasi kepada masyarakat agar mau minta karcis saat parkir.

“Masyarakat saat parkir harus minta karcis. Kalau tidak dikasih ya tidak usah bayar. Nah, kita juga adakan program karcis berhadiah, dimana karcis yang mereka dapat sudah ada stempelnya untuk mengisi identitas, baru dimasukkan di tempat yang disediakan, seperti di toko-toko atau langsung di kantor Dishub. Ini juga upaya kita untuk mencapai target,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, sampai minggu lalu sudah target retribusi parkir sudah tercapai 87,2 persen atau sekitar Rp 1.440.000.000. Ia optimis, di sisa waktu sekitar 2 bulan kedepan target retribusi parkir bisa tercapai.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Yohanes mengatakan, dinaikkannya target retribusi parkir dinilai wajar. Sebab, melihat retribusi parkir yang ditetapkan selalu tercapai. Sehingga diputuskan menaikkan lagi angka target capaian retribusi.

Menurutnya, kondisi di lapangan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir sangat positif. “Tentunya ini juga tidak lepas dari kesadaran masyarakat dalam hal membayar parkir,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Priyo Suhartono, Kepala Dishub Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment