Dinkes Kota Blitat Ikut Waspada Virus Cacar Monyet

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar turut waspada terhadap virus cacar monyet. Meski tercatat di Jawa Timur belum terjadi penyebaran virus tersebut, namun Dinkes tetap melakukan antisipasi dini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, M Muchlis mengatakan, meski kemungkinan penyebaran virus cacar monyet di Kota Blitar terbilang kecil, pihaknya tetap melakukan antisipasi dengan memberikan pemahaman ke seluruh fasilitas kesehatan di Kota Blitar untuk mendeteksi gejala awal seseorang terjangkit virus cacar monyet.

“Selain itu, kita tentu juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang gejala virus tersebut. Jadi masyarakat tahu gejalanya seperti apa dan harus melakukan apa,” kata Muchlis, Rabu (22/05).

Menurutnya, virus cacar monyet ini menular melalui air liur ataupun cairan yang keluar antar manusia. Biasanya ciri-ciri penyakit ini diawali dengan demam tinggi. Sementara tingkat kematian penyakit ini hanya 10 persen, namun sampai saat ini belum ada obatnya.

“Kita himbau kepada masyarakat, jika menemukan tanda-tanda seperti itu segera melaporkan ataupun memeriksakan diri ke puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya. Ini juga sebagai bentuk antisipasi dini penularan virus tersebut,” ujarnya.

Muchlis menambahkan, saat ini pihaknya lebih mewaspadai warga Kota Blitar yang bepergian ke negara di kawasan Asia, terutama yang menuju Singapura. Karena di negara itu ada temuan kasus cacar monyet.(fat)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment