Dinas Pendidikan Tulungagung Buka Kembali Pendaftaran Untuk Sekolah Yang Pagunya Belum Terpenuhi

ADAKITANEWS, Tulungagung – Meski saat ini sudah memasuki tahapan daftar ulang bagi peserta didik baru tingkat SMP, namun masih ada belasan SMP negeri di Kabupaten Tulungagung yang belum bisa memenuhi pagu.

Dari data Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung, dari jumlah 48 SMP negeri, masih ada 12 SMP negeri yang pagunya belum terpenuhi. Sedangkan 36 lainnya sudah terpenuhi.

“Mayoritas yang belum terpenuhi pagunya itu berada di wilayah pinggiran seperti Kecamatan Pucanglaban, Pagerwojo, Bandung, Besuki dan Pakel,” kata Sekretaris Dispendikpora, Haryo Dewanto Wicaksono, Senin (06/07).

Meski demikian Haryo tidak menampik bahwa untuk Kecamatan Tulungagung yang merupakan wilayah perkotaan juga ada beberapa sekolah yang masih kekurangan siswa. Seperti di SMPN 5 Tulungagung, yang masih kekurangan 113 siswa, dari pagu yang disediakan sebanyak 320. Sedangkan di SMPN 6 Tulungagung, dari pagu 352, masih kurang 38 siswa.

Sementara untuk sekolah yang berada di wilayah pinggiran, SMP 1 Bandung kurang 73 siswa, SMPN 1 Besuki kurang 62 siswa, SMPN 1 Pagerwojo kurang 2 siswa, SMPN 1 Pakel, kurang 13 siswa, SMPN 2 Pakel kurang 84 siswa, SMPN 1 Rejotangan kurang 23 siswa, SMPN 2 Besuki kurang 60 siswa, SMPN 2 Ngantru kurang 63 siswa, SMPN 2 Sumbergempol kurang 66 siswa, dan SMPN 3 Ngunut kurang 54 siswa.

Haryo menduga banyaknya sekolah yang belum memenuhi pagu ini adalah karena banyak calon peserta didik yang belum mencabut berkasnya ketika tidak diterima di satu sekolah dan belum memindahkannya ke sekolah lain.

Persoalan kekurangan pagu ini membuat pihak Dispendikpora mengeluarkan kebijakan untuk membuka kembali pendaftaran bagi sekolah yang pagunya belum terpenuhi.

“Sekolah-sekolah yang belum penuhi pagu dapat memperpanjang pendaftaran sampai pagu terpenuhi,” pungkas Haryo. (bac)

Keterangan gambar : Suasana daftar ulang di salah satu SMP negeri di Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment