Di Blitar, Baru 9 Persimpangan Terpasang CCTV

ADAKITANEWS, Blitar – Penggunaan Closed Circuit Television (CCTV) saat ini dinilai sangat penting. Pasalnya alat ini bisa digunakan untuk pelengkap keamanan yang sebelumnya banyak dipakai di dalam industri-industri seperti militer, bandara, toko, kantor, dan pabrik. Bahkan untuk saat ini, teknologi modern tersebut sudah terpasang di beberapa persimpangan jalan untuk memantau arus lalu lintas.

Sejak 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perhubungan telah merintis untuk memasang CCTV di beberapa persimpangan jalan yang ada di Kabupaten Blitar. Meski demikian, sampai detik ini jumlahnya masih tergolong sedikit.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri menyampaikan, hingga kini sudah ada 9 titik persimpangan yang ada di Kabupaten Blitar sudah terpasang CCTV. Diantaranya berada di Lodoyo, Kademangan, Wlingi, Srengat, Ponggok, dan lain-lain. Toha mejelaskan, tujuan dilakukan pemasangan CCTV ini adalah untuk memantau kondisi arus lalu lintas di daerah tersebut.

“Yang jelas tujuannya kan untuk memantau kondisi arus lalu lintas. Nah, nanti jika terjadi kemacetan maupun permasalahan yang lainnya bisa segera teratasi dengan baik,” kata Toha, Sabtu (22/12).

Toha menuturkan, CCTV yang sudah ada rata-rata terpasang di persimpangan yang jumlah pengendara kendaraan lebih banyak dan membutuhkan pengawasan lebih ekstra. Ia menegaskan, CCTV yang sudah dipasang di 9 titik itu saat ini masih tetap berfungsi dengan maksimal.

“Memang saat ini masih sekitar 9 titik, tapi kita pastikan setiap tahun kita terus berupaya untuk menambah pemasangan CCTV di persimpangan yang ada di wilayah Kabupaten Blitar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu CCTV yang terpasang di persimpangan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment