CJH 2019 Asal Blitar Mulai Urus Paspor

ADAKITANEWS, Blitar – Bulan haji pada tahun 2019 ini diketahui akan jatuh pada Agustus mendatang. Meski demikian, saat ini para Calon Jemaah Haji (CJH) terlihat sudah mulai melakukan sejumlah persiapan.

Humas Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan, pada Januari ini pihaknya juga sudah meminta kepada seluruh CJH keberangkatan 2019 untuk mengurus paspor. Para CJH pun harus segera menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan.

“Jadi tahun ini kan bulan hajinya maju di bulan Agustus. Tentu semua persiapan harus segera dimulai. Nah, untuk saat ini mereka sudah mulai mengurus proses pembuatan paspor,” kata Jamil, Rabu (16/01).

Jamil menjelaskan, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan untuk mengurus paspor. Diantaranya meliputi KTP, Akta Kelahiran, KK, Surat Nikah, Ijazah dan dokumen Adminduk yang lainnya.

Menurutnya, untuk pengurusan paspor, masing-masing CJH akan langsung mengurus di Kantor Imigrasi kelas II Blitar. “Nah, jika persyaratan yang diperlukan sudah memenuhi maka diperkirakan proses penerbitan paspor juga tidak menunggu waktu yang lama. Kalau pengurusannya, langsung ke kantor Imigrasi Blitar,” ujarnya.

Jamil menuturkan, selain itu masing-masing CJH juga diminta melakukan beberapa persiapan lain seperti kesehatan. “Kalau persiapan kesehatan sudah kita lalukan lebih awal. Tentu dengan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, jumlah CJHi tahun ini hampir sama dengan tahun lalu. Yakni sekitar 900 orang yang meliputi CJH reguler, lansia, dan pendamping.(fat/wir)

Keterangan gambar: Pelayanan pendaftaran haji di kantor Kemenag Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment