Cegah Skimming, Polisi Periksa Sejumlah ATM di Kota Blitar

ADAKITANEWS, Blitar – Anggota Polres Blitar Kota melakukan pengecekan sejumlah mesin ATM di wilayah hukumnya. Pengecekan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembobolan dana nasabah bank melalui metode skimming.

Beberapa area menjadi fokus perhatian petugas. Diantaranya mesin ATM yang ramai dan sering digunakan untuk bertransaksi, seperti mesin ATM di dekat area makam Bung Karno Kota Blitar. Serta beberapa mesin ATM di wilayah Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, pengecekan mesin ATM ini akan terus dilakukan petugas Sabhara Polres Blitar Kota setiap pagi dan sore. Sejauh ini di wilayah hukum Polres Blitar Kota memang belum ada laporan terkait skimming mesin ATM. Namun polisi memastikan bahwa modus operandi seperti itu patut diwaspadai karena pelakunya bekerja menggunakan perangkat canggih yang diletakkan di mesin ATM.

“Diwilayah Polres Blitar Kota belum ada laporan terkait hal itu. Namun kita harus tetap waspada,” kata AKBP Adewira, Kamis (22/03).

AKBP Adewira menegaskan, dalam pemeriksaan itu jika ditemukan hal-hal yang mencurigakan pihak kepolisian akan langsung melaporkannya ke Bank bersangkutan untuk segera ditindaklanjuti.

“Jika ada hal-hal yang dianggap mencurigakan akan langsung kami laporkan ke bank bersangkutan untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sebelumnya Polres Blitar Kota juga sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak perbankan dari beberapa bank yang ada di Kota Blitar. Tak hanya bank milik pemerintah, beberapa bank swasta juga ikut hadir dalam penandatanganan kerjasama itu. Tujuannya tak lain juga untuk mengantisipasi berbagai modus kejahatan perbankan.

“Berbagai upaya kita lakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” tandasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Susana pengecekan mesin ATM.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment