Calo Tiket Piala AFF U-19 Diamankan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Seorang calo tiket pertandingan Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo diamankan anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo. Sauki, 46, pria asal Mojokerto diamankan petugas sesaat setelah insiden pecahnya kaca loket pembelian tiket ekonomi pada laga Indonesia melawan Thailand, Senin (09/07) sore kemarin.

“Banyak yang jual itu. Saya tiru-tiru orang-orang itu,” ungkap Sauki, pria asal Desa Payung Rejo Kecamatan Kutorejo, Mojokerto kepada wartawan di Mapolresta Sidoarjo, Selasa (10/07).

Sauki yang sehari-hari berprofesi sebagai petani itu mengaku, jauh-jauh datang ke Sidoarjo untuk menonton piala AFF U-19. Dia mengaku iseng untuk menjual tiket karena bisa dijual lebih mahal dari harga asli yang dibelinya di loket resmi. “Saya baru pertama kali kesini kok. Antre untuk membelinya mulai jam 11.00 hingga pukul 12.00 WIB terakhir,” ujar Sauki.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris mengatakan, dalam menjalankan aksi pencaloannya, pelaku mengaku menjual tiket warna hijau dari loket yang harganya Rp 60 ribu dan dijual lagi dengan harga Rp 150 ribu.

“Hal ini dilakukan polresta Sidoarjo sebagai bentuk pengamanan dan pencegahan adanya tindak pidana dalam pelaksanaan pertandingan Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Termasuk kegiatan pencaloan tiket yang merugikan orang yang ingin nonton pertandingan sepakbola,” ujar Kompol Harris saat pers rilis di halaman Mapolresta Sidoarjo, Selasa (10/07).

Dijelaskan Kompol Harris, pelaku membeli langsung tiga tiket di loket, dan dijual langsung ke orang lain sore harinya. Kegiatan pencaloan memang melanggar ketentuan yang semestinya. Karena harganya menjadi lebih mahal dari harga tiket aslinya. “Ketika orang yang membeli tiket tersebut melaporkan ke aparat kita tindak lanjuti, maka kita proses. Ya jadi masalah kalau dilaporkan,” ujar perwira dengan pangkat satu melati di pundaknya itu.

Kompol Harris menegaskan, meskipun pembelinya mau dengan harga sedemikian mahalnya, namun semua itu bisa ditindak jika ada pelaporan. Dia dijerat pasal 379 dengan ancaman hukuman tiga bulan penjara masuk kategori tindak pidana ringan (tipiring).

“Pada pertandingan selanjutnya kita akan tetap melaksanakan pemantauan pada pelaksanaan hingga final unutk keamanan agar tidak ada terjadi hal serupa untuk menjaga kenyamanan selama piala AFF 2018 di Gor Sidoarjo berlangsung hingga selesai,” tegas Kompol Harris.(sid3)

Keterangan gambar : Seorang calo tiket pertandingan Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang diamankan anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment