Bupati Ingatkan Masyarakat Tak Timbun Bahan Pokok

ADAKITANEWS, Blitar – Operasi pasar murah di Kabupaten Blitar dilakukan mulai 7 – 29 Mei 2019. Pembukaan operasi pasar murah tersebut, dilakukan langsung oleh Bupati Blitar di kantor Kecamatan Sanankulon, Selasa (07/05).

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, kegiatan operasi pasar murah dilakukan setiap bulan Ramadan di 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Tak lupa Bupati juga berpesan kepada masyarakat agar belanja secukupnya dan tidak melakukan penimbunan barang. Sebab hal itu melanggar undang-undang.

“Kita bekerjasama dengan pihak terkait seperti Bulog, koperasi peternak ayam, dan lain-lain. Operasi pasar murah ini kita lakukan karena biasanya bulan puasa dan menjelang lebaran bahan pokok naik,” kata Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, operasi pasar ini sengaja diakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga, sehingga pemerintah daerah dinilai perlu hadir di tengah masyarakat. Bupati memastikan, harga bahan pokok yang dijual di operasi pasar ini lebih murah daripada di pasaran. Pasalnya ada subsidi dari APBD Kabupaten Blitar. Selain itu juga didukung CSR dari beberapa perusahaan.

“Harganya pasti lebih murah. Misalnya harga beras, kalau di pasaran mencapai Rp 11 ribu per kilogram, disini hanya Rp 9 ribu per kilogram. Kemudian harga minyak goreng, disini Rp 12 ribu per kilogram, di pasaran bisa mencapai Rp 12 ribu per kilogram,” ujarnya.

Bupati menambahkan, pada 29 Mei 2019 akan diadakan pasar halal besar-besaran di kantor pemerintah daerah di Kanigoro. Operasi pasar halal tersebut juga bekerja sama dengan MUI. “Jadi nanti kalau kurang, masyarakat bisa belanja ke kantor Pemda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Blitar, Ulfi Zulfikar mengatakan, operasi pasar murah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga. Selain itu juga dalam rangka mengendalikan harga dan ketersediaan stok bahan pokok di bulan Ramadan serta menjelang hari raya Idul Fitri.

“Operasi pasar ini kita lakukan mulai 7 – 29 Mei 2019. Kita menyasar seluruh masyarakat Kabupaten Blitar. Jadi kita bekerja sama dengan beberapa pihak terkait, seperti Bulog, koperasi peternak ayam, serta melibatkan Bumdes yang ada di kecamatan,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM saat meninjau stan operasi pasar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment