Bupati Fadeli Hadiri Peringatan Hakordia 2020 Secara Virtual

ADAKITANEWS, Lamongan – Bupati Lamongan Fadeli bersama Pj Sekda Herry Pranoto dan kepala OPD terkait menghadiri Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 secara virtual di Command Center Pemkab Lamongan, Rabu (16/12).

Acara yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusung tema Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi. Peringatan Hakordia yang ditetapkan setiap tanggal 9 Desember ini. Menurut Ketua KPK Firli Bahuri juga sebagai momentum meningkatkan peran serta masyarakat umum dalam pemberantasan korupsi.

“Peringatan Hakordia tahun ini sangatlah berbeda, sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai bencana nasional bahkan dunia mengubah seluruh aspek kehidupan kita semua. Sehingga di moment Hakordia 2020 ini mari kita dedikasikan diri bersama masyarakat membangun kesadaran menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju,” ungkap Firli Bahuri.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan agar aparat penegah hukum terus lakukan berbaikan pada tata kelolanya. “Tidak melulu kinerja diukur dari seberapa kasus yang dapat di temukan. Tetapi bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar pidana korupsi tidak terjadi lagi,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menerangkan perlunya kegigihan dan kosistensi yang luar biasa dalam mengusut tindak pidana korupsi. “Perlunya kebersamaan, inovasi dan efesiensi agar peluang tindak pidana korupsi dapat dicegah sedini mungkin,” tuturnya.

Pada akhir pidatonya Jokowi menyinggung padamnya listrik di kantor KPK untuk memberi suntikan semangat kepada seluruh insan KPK. “Meskipun listrik di KPK padam, tapi pemberantasan korupsi tidak boleh padam,” tambah Jokowi.(prap)

Related posts

Leave a Comment